Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemping di Situ Gunung, Apa Saja Fasilitasnya?

Kompas.com - 18/01/2019, 17:06 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menghabiskan libur akhir pekan bersama keluarga atau sahabat tentu akan sangat menyenangkan. Kemping bisa jadi salah satu pilihan berlibur yang menarik.

Salah satu lokasi yang dapat digunakan sebagai lokasi kemping keluarga ada di Kawasan Wisata Situ Gunung, Jawa Barat.

Di tempat ini fasilitas kemping yang disediakan sudah cukup lengkap. Dengan membayar Rp 35.000 untuk setiap orangnya, camping ground Situ Gunung sudah dilengkapi dengan fasilitas toilet yang sangat bersih.

Baca juga: Serunya Kemping di Dekat Curug Sawer Situ Gunung

Camping ground di kawasan itu juga sudah berupa tanah lapang berumput yang datar sehingga nyaman untuk mendirikan tenda.

Tak hanya itu, penerangan menuju sejumlah camping ground di kawasan tersebut pun sudah cukup baik.

Perjalanan menuju camping ground kawasan wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Perjalanan menuju camping ground kawasan wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.

Akses jalan menuju camping ground juga telah dibangun sedemikian rupa sehingga nyaman untuk dilintasi. Sebagian jalanan berupa batuan yang disusun rapi dan sebagian jalan lainnya merupakan susunan paving sehingga tak becek usai diguyur hujan,

Sejumlah pedagang dan restoran pun tersedia di sana. Jadi jika Anda malas membawa peralatan memasak atau membutuhkan bahan-bahan memasak selama kemping dapat membelinya di sana.

Baca juga: Panduan Menuju Situ Gunung Sukabumi dengan Transportasi Umum

Ada sejumlah lokasi berkemping yang tersedia. Mulai dari yang sangat dekat dengan akses keluar kawasan, hingga yang terjauh di sekitar Curug Sawer. Anda bebas memilih lokasi mana saja untuk kemping.

Namun Anda juga harus memastikan bahwa lokasi tersebut tak sedang dipesan orang lain. Namun tenang saja, di sepanjang perjalanan menuju camping ground akan ada petugas yang akan membantu Anda memilih lokasi untuk kemping.

Pengunjung berfoto di dekat Curug Sawer yang terletak di dalam kawasan wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung berfoto di dekat Curug Sawer yang terletak di dalam kawasan wisata Situ Gunung, Sukabumi, Jawa Barat.

Meski kawasan berkemah sudah dibangun sedemikian rupa, nuansa alam masih sangat terasa kala kemping di kawasan ini.

Anda masih dapat merasakan udara yang sejuk, pemandangan Situ GUnung yang membuat takjub, hingga sejumlah curug di sekitar camping ground. Yang lebih menarik lagi, Anda dapat merasakan sensasi menyeberang Situ Gunung Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Situ Gunung yang jadi jembatan gantung terpanjang di Indonesia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com