Pantang Merokok dan Mengonsumsi Minuman Beralkohol Sebelum Menyelam

Kompas.com - 18/01/2019, 19:06 WIB
Divers saat melakukan Scuba DivingDokumentasi Global Dive Center Divers saat melakukan Scuba Diving

KOMPAS.com - Merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol barangkali telah menjadi gaya hidup sebagian masyarakat di dunia. Namun jangan sekali-sekali melakukan ini sebelum Anda menyelam (diving).

Dikutip dari buku panduan Open Water Diving dari Professional Association of Diving Instructors, merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol berbahaya bagi penyelaman.

Alkohol yang terkandung dalam minuman dapat menurunkan kepekaan Anda dalam menilai sesuatu. Padahal menyelam membutuhkan konsentrasi dan kepekaan menilai sesuatu dalam kondisi darurat demi keselamatan penyelaman.

Selain itu, alkohol juga dapat mempercepat Anda kehilangan panas tubuh. Ini akan menjadi masalah ketika Anda melakukan penyelaman di kedalaman laut yang memiliki kondisi rendah.

"Menjadi lebih bijak jika Anda minum minuman beralkohol pada malam sebelum menyelam," demikian ungkap penulis dalam buku tersebut.

Baca juga: Apakah Bisa Berenang Jaminan Bisa Diving?

Hal lain yang membuat alkohol dilarang sebelum melakukan penyelaman adalah sifat alkohol yang membuat seseorang lekas mengalami dehidrasi. Sejumlah fisiolog bahkan menyebut mengonsumsi alkohol dapat meningkatkan risiko penyelam mengalami decompression sickness.

Gejala yang akan timbul jika Anda mengalami decompression sickness adalah kelumpuhan atau kebas di beberapa bagian tubuh, pusing, perasaan geli, nyeri sendi dan tungkai, syok, mati rasa, sulit bernafas, kelemahan dan kelelahan yang berkepanjangan, dan dalam kasus yang parah dapat menyebabkan penderita tidak sadar hingga meninggal dunia.

Kompas.com saat melalui tahapan latihan untuk mendapatkan sertifikat menyelam dari PADI.PADI Kompas.com saat melalui tahapan latihan untuk mendapatkan sertifikat menyelam dari PADI.

Tak hanya minuman beralkohol, merokok juga sebaiknya tak dilakukan sebelum dan sesudah menyelam,

"Jika Anda merokok, hindari melakukannya selama beberapa jam sebelum dan sesudah menyelam, karena itu secara signifikan mengurangi efisiensi sistem sirkulasi dan pernapasan Anda," demikian ungkap penulis.

Merokok secara teoritis meningkatkan risiko cedera dalam ekspansi paru-paru dengan menyebabkan udara terperangkap di dalam paru-paru Anda bahkan ketika Anda bernapas dengan normal.

 Baca juga: Berapa Kisaran Biaya untuk Mengambil Sertifikasi Diving?

Kemudian mungkin nantinya akan muncul pertanyaan, bagaimana dengan vape atau konsumsi tembakau yang digunakan bukan untuk merokok?

Memang vape dan penggunaan tembakau selai merokok tak menimbulkan resiko secara langsung seperti jika kita merokok. Namun disarankan hal ini pun tak dilakukan sebelum dan sesudah menyelam.

Selain alkohol dan rokok, penggunaan narkoba juga sangat dilarang saat melakukan penyelaman.

Selain itu, mengonsumsi obat-obatan tertentu sebelum menyelam juga bisa jadi berbahaya. Lebih baik berkonsultasi dengan dokter mengenai reaksi yang akan ditimbulkan pasca mengkonsumsi obat tersebut.

Terakhir dan yang tak kalah pentingnya, jika Anda ragu atas kondisi Anda pribadi sebelum melakukan penyelaman, lebih baik jangan menyelam terlebih dahulu.




Close Ads X