Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Kota Pilihan untuk Menikmati Liburan Imlek di Indonesia

Kompas.com - 19/01/2019, 11:07 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Momen Imlek umumnya dirayakan dengan meriah, lengkap dengan rangakaian acara seru, ornamen meriah, dan kuliner khas peranakan. Beberapa kota di Indonesia terkenal akan festival atau lokasi khusus untuk merayakan Imlek.

Semua orang dapat ikut serta dalam perayaan ini, sekedar merasakan pengalaman merayakan Imlek atau berburu foto humanis. Berikut adalah 5 destinasi di Indonesia yang cocok dikunjungi saat perayaan Imlek:

1. Jakarta

Suasana saat warga keturunan Tionghoa berada di Kelenteng Kim Tek Ie atau Vihara Dharma Bakti, Glodok, kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat, Sabtu (28/1/2017). Warga keturunan Tionghoa melakukan sembahyang sebagai ungkapan syukur merayakan Tahun Baru Imlek 2568 dengan Shio pada imlek tahun ini adalah Ayam Api.GARRY ANDREW LOTULUNG Suasana saat warga keturunan Tionghoa berada di Kelenteng Kim Tek Ie atau Vihara Dharma Bakti, Glodok, kawasan Petak Sembilan, Jakarta Barat, Sabtu (28/1/2017). Warga keturunan Tionghoa melakukan sembahyang sebagai ungkapan syukur merayakan Tahun Baru Imlek 2568 dengan Shio pada imlek tahun ini adalah Ayam Api.
Menyambut Imlek daerah Pecinan di Jakarta meriah dengan penjual kelengkapan Imlek seperti angpao, hiasan rumah, dan alat sembahyang. Berburu foto di Pasar Petak Sembilan dan di klenteng-klenteng daerah Glodok banyak dilakukan.

Aktivitas seru lainnya adalah berburu kuliner. Meskipun kawasan Pecinan, di Glodok banyak dijual makanan halal.

2. Bogor, Jawa Barat

Suasana pawai pesta rakyat Cap Go Meh Street Festival di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/03/2018). Acara yang dikemas dalam bentuk kirab budaya nusantara ini merupakan puncak perayaan imlek yang selalu digelar setiap tahun.MAULANA MAHARDHIKA Suasana pawai pesta rakyat Cap Go Meh Street Festival di Jalan Suryakencana, Kota Bogor, Jawa Barat, Jumat (2/03/2018). Acara yang dikemas dalam bentuk kirab budaya nusantara ini merupakan puncak perayaan imlek yang selalu digelar setiap tahun.
Perayaan Imlek di Bogor jatuh pada momen Cap Go Meh atau 15 hari setelah Hari Imlek. Berpusat di pecinan Bogor, Jalan Suryakencana akan ada pertunjukan barongsai, sanggar seni, marching band, dan 1.000 lampion.

3. Singkawang, Kalimantan Barat

Kemeriahan pawai lampion dalam rangkaian puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (28/2/2018). Ribuan masyarakat dan wisatawan tumpah ruah menyaksikan perhelatan akbar tahunan di Kota Singkawang itu.KOMPAS.com/YOHANES KURNIA IRAWAN Kemeriahan pawai lampion dalam rangkaian puncak perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 di Kota Singkawang, Kalimantan Barat (28/2/2018). Ribuan masyarakat dan wisatawan tumpah ruah menyaksikan perhelatan akbar tahunan di Kota Singkawang itu.
Sama halnya seperti Bogor, Singkawang terkenal dengan perayaan Cap Go Meh yang meriah. Bahkan okupansi hotel di Singkawang penuh ketika momen Cap Go Meh. Di Singkawang perayaanya terbilang khas.

Biasanya ada pawai antar suku dan agama, parade tatung, festival lampion, dan replika naga.

4. Solo, Jawa Tengah

Lampion-lampion mulai dipasang di kawasan Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2016). Panitia Bersama Imlek Solo 2567 akan memasang sekitar 4.000 lampion di kawasan Pasar Gede dan Kali Pepe untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada 8 Februari 2016. Perayaan Imlek di Solo akan disemarakkan sejumlah acara, antara lain pentas barongsai dam liong, penyalaan kembang api, donor darah, dan aksi sosial.KOMPAS/ERWIN EDHI PRASETYA Lampion-lampion mulai dipasang di kawasan Pasar Gede, Solo, Jawa Tengah, Kamis (21/1/2016). Panitia Bersama Imlek Solo 2567 akan memasang sekitar 4.000 lampion di kawasan Pasar Gede dan Kali Pepe untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2567 yang jatuh pada 8 Februari 2016. Perayaan Imlek di Solo akan disemarakkan sejumlah acara, antara lain pentas barongsai dam liong, penyalaan kembang api, donor darah, dan aksi sosial.
Pusat perayaan Imlek di Solo berlokasi di kawasan Pasar Gede mulai 27 Januari 2019 sampai 20 Februari 2019. Rencananya ada 5.000 lampion yang akan dinyalakan.

Kemudian, ada 12 lampu shio yang dipasang sepanjang Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Urip Sumoharjo. Pertunjukan kesenian seperti keroncong juga akan digelar saat perayaan Imlek.

5. Lasem, Jawa Tengah

Wisatawan berfoto di depan pintu masuk Kelenteng Poo An Bio, Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2017). Kelenteng Poo An Bio adalah satu dari tiga kelenteng yang ada di Kecamatan Lasem.KOMPAS.com / GARRY ANDREW LOTULUNG Wisatawan berfoto di depan pintu masuk Kelenteng Poo An Bio, Desa Karangturi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, Minggu (12/2/2017). Kelenteng Poo An Bio adalah satu dari tiga kelenteng yang ada di Kecamatan Lasem.
Perayaan Imlek di Lasem biasanya digelar di klenteng-klenteng. Hal yang menarik dari Lasem sebenarnya adalah desain rumah warga yang merupakan rumah peranakan sejak dulu kala. Lasem sendiri menyandang nama Tiongkok Kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com