Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2019, 13:03 WIB
Vitorio Mantalean,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Orang Tionghoa punya tradisi unik soal kuliner. Sebagian santapan Tionghoa tidak semata-mata hidangan untuk dimakan, tetapi juga menjadi simbol atas harapan yang dicita-citakan.

Menjelang Imlek di Februari nanti, orang-orang peranakan Tionghoa khususnya di Singapura dan Malaysia punya perayaan khusus untuk menyambutnya, yakni seremoni yee sang.

Di Indonesia sendiri, perayaan ini sebetulnya tidak begitu mengakar sebagai budaya peranakan yang dipraktikkan dalam keseharian sejak zaman dulu.

Aji Bromokusumo, pakar kuliner peranakan Tionghoa dalam bukunya Peranakan Tionghoa dalam Kuliner Nusantara (2013) menaksir jika baru lima tahun belakangan seremoni yee sang mulai marak dilakukan di Indonesia.

Seremoni yee sang dilakukan dengan sepiring besar salad yang akan disantap bersama keluarga dan kerabat dekat di atas meja.

Salad tersebut terdiri dari ikan mentah dan aneka jenis sayur yang dirajang hingga halus. Potongan ikan mentah akan dibubuhi air jeruk dan bubuk jahe guna membunuh bakterinya, sementara aneka jenis sayur akan dibaluri berbagai bumbu dan saus.

Yu ShengDok. Resinda Hotel Karawang Yu Sheng

Keluarga dan kerabat dekat akan mengitari meja makan dengan sumpit di tangan. Lalu, secara serempak, mereka akan mencapit bahan-bahan salad, lantas mengangkatnya tinggi ke udara seraya berseru, “lo hei!”

Seruan “lo hei” yang merupakan dialek Kanton berarti “angkat bersama”. Menurut Aji, jika ditafsirkan lebih dalam, “angkat bersama” bisa bermakna “sukses bersama”.

“Semakin tinggi menangkatnya, maka semakin baik, menandakan harapan yang semakin tinggi juga,” ujar chef Hotel Pullman Jakarta berkebangsaan Singapura, Sam Wong ketika ditemui KompasTravel Kamis (17/1/2019).

Bahan-bahan salad akan teraduk dan tercampur dengan sendirinya usai perayaan itu. Setelahnya, keluarga dan kerabat dekat akan duduk bersama sambil menikmati salad yee sang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com