Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 19/01/2019, 21:11 WIB
Vitorio Mantalean,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Bagian bawah wajan sudah dibaluri api. Sedikit bubuhan minyak yang menggenang di dasar wajan perlahan-lahan mendidih. Saat yang tepat untuk menaburkan bawang ke wajan yang kian panas, hingga aromanya menguar sedap.

Selanjutnya, Anda bebas memasukkan sayur, daging, telur, sampai nasi atau mi. Tambahkan bumbu, kecap, atau saus untuk meracik hidangan sesuai selera.

Aduk secara cepat hingga rata dengan spatula. Selang 5-10 menit, hidangan Anda siap disantap dengan aroma yang kuat, rasa yang terjaga, dan bahan-bahan yang matang sempurna.

Demikianlah, kurang lebih deskripsi proses menumis masakan. Bisa dibilang, teknik menumis merupakan salah satu teknik yang paling efektif dan efisien untuk mematangkan masakan.

Dalam bahasa Inggris, teknik menumis disebut “stir-fry”. Sementara itu, bahasa Indonesia punya kosa kata yang lebih kaya untuk menjuluki teknik ini, mulai dari tumis itu sendiri, oseng-oseng, dan cah.

Istilah "cah" yang dikenal orang Indonesia pada menu semacam “cah buncis” menyimpan petunjuk mengenai asal teknik menumis/cah.

Bahasa Mandarin mengenal “fan chao” yang artinya serupa dengan “stir-fry”, yakni memutar dan menggoreng. Kata “chao” inilah yang kemungkinan besar dilafalkan sebagai “cah”, nama lain teknik menumis dalam bahasa Indonesia.

Teknik menumis mungkin lebih dulu dikenal orang Indonesia ketimbang kalangan Barat, mengingat arus migrasi orang-orang Tionghoa ke Indonesia telah terjadi sejak lama.

Orang Amerika, misalnya, baru mengenal teknik menumis usai terbitnya buku How To Cook And Eat In Chinese (1945) karangan Buwei Yang Chao yang sekaligus membuka mata kalangan Barat terhadap khazanah boga China.

Di dalamnya, tertera berbagai metode memasak kuliner China, termasuk menumis alias stir-fry, salah satunya ialah panduan memasak telur orak-arik.

Sejauh sejarah mencatat, teknik menumis pertama kali terlacak usai kekuasaan Dinasti Han (220 M). Sebelumnya, hidangan istana selalu dimasak dengan cara merebus (sop), deep-frying, atau memanggang.

Tahun 544 M, metode menumis untuk pertama kalinya tercatat, yakni dalam kitab Qimin Yaoshu (Kiat Penting bagi Orang Awam) kendati tidak secara eksplisit menyebut “chao” sebagai tekniknya.

“Bersihkan dan cacah daging bebek. Iris bawang bombay sampai tipis, tambahkan garam dan kecap, lalu aduk-aduk hingga matang. Terakhir, bubuhi rajangan jahe,” tulis Jia Sixie, si penulis, mengenai cara memasak bebek goreng yang ia kenalkan.

Jia tidak menulis soal pemakaian minyak dalam tulisannya. Boleh jadi, minyak sudah dianggap unsur implisit. Pasalnya, tanpa minyak, irisan tipis bawang bombay sudah tentu akan hangus ketika dimasukkan ke wajan.

Pemakaian minyak pun turut berkembang seiring naik daunnya teknik menumis pada dapur kerajaan Dinasti Tang (618-690 & 705-907) dan Dinasti Song (960-1279). Pemakaian lemak babi sebagai bahan baku minyak pelan-pelan digantikan oleh minyak nabati seiring penemuan-penemuan baru.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com