Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesona Air Terjun Liawan Memikat Wisatawan Lokal hingga Mancanegara

Kompas.com - 21/01/2019, 10:12 WIB
Junaedi,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

MAMASA, KOMPAS.com - Pesona Air Terjun Liawan di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat membuat destinasi wisata ini semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Obyek wisata alam ini tak hanya memikat wisatawan lokal Mamasa, namun juga wisatawan mancanegara.

Tofografi alam Mamasa dikaruniai keindahan alam tersendiri. Oleh karena itu Air Terjun Liawan kini menjadi primadona baru dan mulai diincar wisatawan.

Sejak setahun terakhir destinasi wisata ini dikelola secara profesional dan fasilitasnya pun dibenahi. Lokasinya yang tak jauh dari jalan poros Mamasa-Polewali Mandar membuat Air Terjun Liawan yang terletak di Dusun Liawan, Desa Tadisi ini makin diminati wisatawan.

Baca juga: Menjelajah Banyu Tibo, Pantai dengan Air Terjun Tepi Laut di Pacitan

Air Terjun Liawan memiliki ketinggian mencapai 40 meter lebih. Air terjun ini menawarkan keindahan alam asri dan pengunungan di sekitarnya yang memesona.

Air Terjun Liawan bersusun tujuh di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat potensial menarik minat pengunjung untuk betah berlama-lama di tempat ini.KOMPAS.COM/JUNAEDI Air Terjun Liawan bersusun tujuh di Kecamatan Sumarorong, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat potensial menarik minat pengunjung untuk betah berlama-lama di tempat ini.
Perpaduan antara hutan asri pegunungan dengan hamparan persawahan milik petani yang memanjakan mata, membuat wisatawan yang datang merasa semakin dekat dengan alam.

Selain menikmati keindahan Air Terjun Liawan, pengujung juga dapat berenang menikmati segarnya air yang asalnya dari hutan asli pegunugan Mamasa.

Baca juga: Jogja Juga Punya Air Terjun Tepi Laut!

Destinasi wisata ini juga dilengkapi beberapa fasilitas penunjang bagi wisatawan, mulai dari rumah pohon, vila, ruang ganti serta penginapan bagi wisatawan yang hendak menginap dan menghabiskan waktu liburannya di tempat ini.

Selain itu pengelola juga menyediakan aula pertemuan untuk pengunjung ataupun instansi yang ingin melaksanakan kegiatan sekaligus berwisata di tempat ini.

Baca juga: Jelajah Air Terjun Sekar Langit, Tempat Jaka Tarub Bertemu Bidadari

Benyamin, satu pengunjung Air Terjun Liawan mengungkapkan lokasi ini sangat menarik jadi tempat berlibur keluarga. Selain menikmati keindahan air terjun dan udara sejuk, sejumlah fasilitas umum yang ada menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung.

Pesona wisata Air Terjun Liawan di Mamasa, Sulawesi Barat memikat wisatawan lokal hingga mancanegara.KOMPAS.com/JUNAEDI Pesona wisata Air Terjun Liawan di Mamasa, Sulawesi Barat memikat wisatawan lokal hingga mancanegara.
“Suasana alamnya yang sejuk dan asri ini sangat cocok untuk wisata keluarga,” kata Benyamin.

Phaty, wisatawan lainnya mengatakan, di Air Terjun Liawan ini dirinya dapat menikmati keindahan alam yang begitu indah dan menakjubkan mata. Selain karena pesona air terjun yang cantik, udara sejuk membuat Phaty betah berlama-lama di tempat ini.

Wistawan pun tak perlu repot kemalaman di lokasi ini, sebab pengelola wisata telah menyediakan sejumlah gazebo dan tempat penginapan yang bisa menampung para wisatawan yang hendak bermalam.

“Obyek wisata yang cantik. Fasilitas penunjangnya lumayan. Ada gazebo hingga penginapan bagi wisatawan yang hendak menginap," kata Phaty.

Tarif masuk ke Air Terjun Liawan ini sebesar Rp 7.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com