Kompas.com - 21/01/2019, 19:15 WIB

KOMPAS.com - Menikmati makanan dan minuman dengan memperhatikan sudut pandang rasa dan mencocokkannya satu sama lain tentu akan membuat pengalaman makan Anda menjadi lebih berkesan. Hal inilah yang disebut dengan food pairing.

Coffee Expert dari Caribou Coffee Maria Fransisca mengatakan, sembarangan memadukan makanan bercitarasa tertentu dengan minuman bercita rasa kuat seperti kopi bisa jadi membuat keduanya saling merusak rasa.

"Tapi kalau paduannya pas, maka akan tercipta flavour memory. Jadi kalau kita
makan kita aka inget suatu kejadian. Jadi tidak meluu soal kecocokan rasa
saja," kata Maria.

Berikut ini Maria dan Wesley yang juga merupakan Coffee Expert dari Caribou
Coffee memberikan tips memadukan makanan dengan kopi.

1. Makanan untuk kopi pahit

Tampilan kue klepon di Nusa Indonesian Gastronomy.Kompas.com/Lulu Cinantya Mahendra Tampilan kue klepon di Nusa Indonesian Gastronomy.

Di atas meja Wesley menyediakan sebanyak 40 gram kopi sumatera yang telah melalui proses grinding. Dengan bantuan alat penyaring bernama chemex kopi diseduh dengan air panas hingga menimbulkan aroma yang begitu sedap.

Meminum dan membasahi seluruh rongga mulut dengan kopi merupakan salah satu cara terbaik menikmati Kopi Sumatera. Dengan cara itu, seluruh bagian lidah Anda yang dapat merasakan rasa pahit hingga asam dapat bekerja dengan sempurna.

Kemudian di meja yang sama tersaji juga beberapa potong brownis dan klepon cake yang menjadi salah satu menu unggulan Caribou Coffee.

Usai meneguk kopi sumatera yang bercitarasa pahit asam, cobalah menggigit brownis dengan tekstur lembut dan rasa manis manis itu. Atau cobalah nikmati klepon cake yang memiliki rasa kelapa yang kuat dengan kejutan berupa gula aren leleh saat Anda menggigit bagian tengahnya. Wah, sungguh perpaduan rasa yang amat serasi.

Wesley megatakan, kopi pahit dengan sejumlah kudapan bercitarasa manis sangat cocok untuk dipadukan.

2. Makanan untuk kopi manis

Sandwich cepat saja menyumbang karbondioksida yang berbahaya bagi perubahan iklim. Sandwich cepat saja menyumbang karbondioksida yang berbahaya bagi perubahan iklim.

Kini giliran Maria yang membagikan tipsnya. Ia menyajikan minuman kopi bercitarasa manis yang diberi nama espresso shaker. Minuman ini terbuat dari estrak kopi yang dishake dengan creamy milk dan es batu.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.