4 Tips Memilih Makanan untuk Teman Ngopi

Kompas.com - 21/01/2019, 19:15 WIB
Vienna Coffee Festival berlangsung 11-13 Januari 2019. Festival kopi ini menjadi ajang bagi perusahaan, kedai kopi, dan negara pengusaha kopi untuk mempromosikan keunggulan produk masing-masing. Indonesia pun tak mau ketinggalan.AWIS MRANANI Vienna Coffee Festival berlangsung 11-13 Januari 2019. Festival kopi ini menjadi ajang bagi perusahaan, kedai kopi, dan negara pengusaha kopi untuk mempromosikan keunggulan produk masing-masing. Indonesia pun tak mau ketinggalan.

KOMPAS.com - Menikmati makanan dan minuman dengan memperhatikan sudut pandang rasa dan mencocokkannya satu sama lain tentu akan membuat pengalaman makan Anda menjadi lebih berkesan. Hal inilah yang disebut dengan food pairing.

Coffee Expert dari Caribou Coffee Maria Fransisca mengatakan, sembarangan memadukan makanan bercitarasa tertentu dengan minuman bercita rasa kuat seperti kopi bisa jadi membuat keduanya saling merusak rasa.

"Tapi kalau paduannya pas, maka akan tercipta flavour memory. Jadi kalau kita
makan kita aka inget suatu kejadian. Jadi tidak meluu soal kecocokan rasa
saja," kata Maria.

Berikut ini Maria dan Wesley yang juga merupakan Coffee Expert dari Caribou
Coffee memberikan tips memadukan makanan dengan kopi.

1. Makanan untuk kopi pahit

Tampilan kue klepon di Nusa Indonesian Gastronomy.Kompas.com/Lulu Cinantya Mahendra Tampilan kue klepon di Nusa Indonesian Gastronomy.

Di atas meja Wesley menyediakan sebanyak 40 gram kopi sumatera yang telah melalui proses grinding. Dengan bantuan alat penyaring bernama chemex kopi diseduh dengan air panas hingga menimbulkan aroma yang begitu sedap.

Meminum dan membasahi seluruh rongga mulut dengan kopi merupakan salah satu cara terbaik menikmati Kopi Sumatera. Dengan cara itu, seluruh bagian lidah Anda yang dapat merasakan rasa pahit hingga asam dapat bekerja dengan sempurna.

Kemudian di meja yang sama tersaji juga beberapa potong brownis dan klepon cake yang menjadi salah satu menu unggulan Caribou Coffee.

Usai meneguk kopi sumatera yang bercitarasa pahit asam, cobalah menggigit brownis dengan tekstur lembut dan rasa manis manis itu. Atau cobalah nikmati klepon cake yang memiliki rasa kelapa yang kuat dengan kejutan berupa gula aren leleh saat Anda menggigit bagian tengahnya. Wah, sungguh perpaduan rasa yang amat serasi.

Wesley megatakan, kopi pahit dengan sejumlah kudapan bercitarasa manis sangat cocok untuk dipadukan.

2. Makanan untuk kopi manis

Sandwich cepat saja menyumbang karbondioksida yang berbahaya bagi perubahan iklim. Sandwich cepat saja menyumbang karbondioksida yang berbahaya bagi perubahan iklim.

Kini giliran Maria yang membagikan tipsnya. Ia menyajikan minuman kopi bercitarasa manis yang diberi nama espresso shaker. Minuman ini terbuat dari estrak kopi yang dishake dengan creamy milk dan es batu.

Dengan komposisi yang pas miuman manis ini sangat menyegarkan.

Sebagai kudapan pendampingnya Maria memilih dua jenis sandwich yang diberi nama Croque Monsieur dan Triple Sandwich.

Triple Sandwich terbuat dari roti gandum dengan isian tiga jenis keju yaitu redcheddar, mozzarella, dan parmesan. Sedangkan Croque Monsieur berisi sayuran yang dicampur dengan daging dan keju. Kedua sandwich ini memiliki cita rasa yang gurih dan cenderung asin.

Namun cita rasa asin yang kuat dari dua sandwich ini akan larut seketika ketika
Anda kembali meneguk espresso shaker yang manis dan dingin.

Dan ternyata perpaduan minuman manis dengan makanan bercita rasa asin ini
sangat serasi.

3. Makanan yang selalu cocok dengan kopi

Kegiatan sejumlah peserta yang mengikuti acara Home Brewing French Press and V60 Kompas.com bersama Caribou Coffee di Caribou Coffe Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018). Acara ini memberikan edukasi tentang bagaimana cara membuat kopi dengan manual brewing, para peserta mendapatkan pembelajaran mengenai pembuatan kopi dengan metode French Press dan V60.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Kegiatan sejumlah peserta yang mengikuti acara Home Brewing French Press and V60 Kompas.com bersama Caribou Coffee di Caribou Coffe Lotte Shopping Avenue, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018). Acara ini memberikan edukasi tentang bagaimana cara membuat kopi dengan manual brewing, para peserta mendapatkan pembelajaran mengenai pembuatan kopi dengan metode French Press dan V60.

"Coklat itu kawin banget deh sama kopi," sebut Maria.

Menurutnya, food pairing seputar kopi tak selalu berhubungan dengan makanan yang rumit dan cenderung mahal. Makanan paling dasar yang dapat dengan mudah dipadukan dengan kopi adalah roti dengan selai manis seperti coklat.

Menurutnya, kopi dan coklat dapat saling menguatkan cirikhas rasa masing- masing.

4. Makanan yang tak cocok dengan kopi

IlustrasiPexels Ilustrasi

Berbeda dengan coklat dan kopi yang sangat cocok untuk dipadukan, menurut Maria ada berbagai jenis makanan yang tak cocok bersanding dengan kopi. Bukan hanya tak cocok, melainkan makanan-makanan ini justru dapat merusak cita rasa kopi.

"Jangan misalnya kita bikin karamel, coklat sama kopi terus kita pasangannya makanannya cinnamon banget atau rasanya buah pala banget. Ini justru akan saling merusak rasa," kata dia.

Memang butuh kepekaan terhadap rasa sebelum melakukan food pairing. Namun, asalkan Anda mengerti dasar-dasar rasa yang patut dipadukan, food pairing akan lebih mudah dilakukan.




Close Ads X