Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Aplikasi Baru untuk Diskon Restoran Hadir di Jabodetabek

Kompas.com - 22/01/2019, 18:08 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Doyan bersantap di waktu yang tidak tentu? Cobalah untuk memesan lewat aplikasi pemesanan. Salah satu aplikasi pemesanan yang baru diluncurkan Desember 2018 adalah Eatigo yang menyebut memberi diskon sepanjang waktu, terutama di luar jam ramai restoran.

"Eatigo adalah platform pemesanan restoran. Ada di tujuh negara Asia Tenggara. Thailand, Malaysia, Singapura, Vietnam, Filipina, India, dan sekarang Indonesia. Eatigo ada untuk mengisi meja yang kosong dan perut yang kosong," jelas co-founder & Group Chief Executive Officer Eatigo Michael Cluzel di acara jumpa pers Eatigo di SCBD, Jakarta, Selasa (22/1/2019).

Baca juga: Budaya Bereskan Sampah Bekas Makanan Sendiri di Restoran Cepat Saji Lumrah di Luar Negeri

Cluzel menjelaskan cara kerja Eatigo tak lain adalah manajemen hasil berbasis waktu. Membantu restoran mengubah permintaan dan membentuk kunjungan tamu. Caranya restoran memberi diskon dari aplikasi Eatigo pada jam-jam tertentu. Sehingga tamu dapat berhemat ketika bersantap dengan harga diskon.

"Selama ini waktu kunjungan tertinggi di restoran hanya saat makan siang dan makan malam. Kami ada untuk mengisi waktu-waktu ramai itu," jelas Cluzel.

Cara Kerja Eatigo

KompasTravel mencoba melakukan pemesanan restoran dari Eatigo. Caranya cukup mudah, hanya perlu mengunggah aplikasi lewat Play Store atau App Store. Kemudian mendaftarkan data diri sebagai anggota.

Lantas akan muncul berbagai pilihan restoran di daerah Jabodetabek. Ada juga pilihan berdasarkan kategori makanan seperti makanan Korea, China, atau fine dining (mewah).

Dari setiap restoran ada tampilan besaran diskon, sesuai waktu kunjungan. Setiap restoran memiliki besaran diskon yang berbeda. Mulai 10-50 persen.

Misalnya di restoran A diskon 50 persen pada pukul 16.00 WIB. Hanya perlu diklik pada tampilan diskon dan memesan sesuai jumlah orang yang akan bersantap. Mulai dari 1-10 orang.

"Bedanya kami dengan aplikasi lain, kami tidak perlu bayar untuk menggunakan aplikasi. Kemudian diskon kami berlaku untuk semua orang yang datang. Bukan hanya satu gratis satu, juga kami tidak ada maksimal nominal untuk diskon," kata Marketing Manager Eatigo Indonesia, Shintia Xu.

Baca juga: 5 Restoran Paling Mahal di Dunia

Shintia juga menjelaskan dengan memesan lewat Etaigo, otomatis sudah mendapat diskon dan memesan tempat di restoran tersebut.

"Jadi ini win win solution, dari restoran langsung dapat konfirmasi tamu dari tamu juga kangsung dapat konfirmasi tempat dan diskon," Jelas Shintia.

Sebagai gambaran, Eatigo mulai 2013. Saat ini ada 5 juta pengunggah aplikasi ini dan 5.000 restoran yang bekerja sama di seluruh Asia Tenggara. Di Jabodetabek sendiri saat ini ada 300 restoran yang bekerja sama dan disebutkan akan terus bertambah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com