Serunya Bereksperimen dengan Minyak Esensial di Rumah Atsiri

Kompas.com - 23/01/2019, 12:49 WIB
Bereksperimen dengan Minyak Esensial di Rumah Atsiri, Karanganyar. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaBereksperimen dengan Minyak Esensial di Rumah Atsiri, Karanganyar.

KARANGANYAR, KOMPAS.com – Destinasi wisata baru di Karangayar, yakni Rumah Atsiri, menghadirkan sensasi berwisata yang baru dan berda dari lainnya.

Di sini, pengunjung bisa berwisata sekaligus belajar mengenal berbagai tanaman atsiri yang memiliki aroma khas. Tanaman dengan warna cerah seperti bunga marigold juga menjadi daya tarik tambahan untuk berfoto.

Namun pengunjung Rumah Atsiri tidak hanya bisa sekadar memandang dan menikmati aroma tanaman saja. Tersedia pula fasilitas kelas eksperimen dengan menggunakan minyak esensial dari tanaman atsiri.

Baca juga: Mengenal Berbagai Tanaman Wangi di Rumah Atsiri Karanganyar

Pengunjung bisa memilih kelas untuk anak-anak atau dewasa. Nantinya segala fasilitas, mulai dari perlengkapan keamanan seperti kacamata dan celemek hingga bahan kimia serta minyak esensial telah disiapkan oleh pihak Rumah Atsiri.

Selain itu, telah disiapkan pula pemandu untuk mendampingi dan memandu jalannya eksperimen dengan minyak esensial. Eksperimen dilakukan dengan cara membuat sesuatu, salah satu contohnya adalah bath bomb.

Membuat Bath Bomb

Kompas.com berkesempatan untuk mendampingi pengunjung yang mengikuti kelas eksperimen pada Hari Jumat (18/01/2019) lalu. Pada kesempatan itu, pengunjung diajak untuk membuat bath bomb.

Mereka kemudian dipandu ke sebuah ruangan untuk melakukan eksperimen usai pihak Taman Atsiri selesai menyiapkan segala bahan-bahan seperti garam, baking soda, pewarna, dan tepung jagung.

Usai semuanya siap, pemandu mulai mengenalkan bahan-bahan yang akan digunakan kepada pengunjung. Langkah-langkah untuk membuat bath bomb juga turut diinfokan.

Eksperimen Bath Bomb di Rumah Atsiri, KaranganyarKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Eksperimen Bath Bomb di Rumah Atsiri, Karanganyar

Cara membuat bath bomb sebenarnya mudah, hanya cukup mencampurkan semua bahan dengan takaran berbeda sesuai eksperimen masing-masing. Pengunjung bisa melakukan eksperimen mulai pembentukan warna, hingga tingkat wanginya.

Jika campuran pewarna pas, maka warna adonan akan bagus. Sementara jika terlalu banyak, maka warnanya akan menjadi hitam. Sementara aroma adonan akan berbeda tergantung takaran minyak esensi yang diteteskan.

Baca juga: Lewat Solo, Coba Mampir Istirahat di Taman Tirtonadi

Setelah adonan jadi dengan takaran yang berbeda, selanjutnya adalah memeriksa apakah bath bomb bereaksi ketika digunakan dengan mencelupkan sebagian adonan ke air. Jika berhasil, maka adonan akan mengeluarkan busa ketika dicelupkan ke dalam air.

Jika percobaan berhasil, maka langkah selanjutnya adalah memasukkan adonan ke dalam cetakan. Sampai tahap ini, pembuatan bath bomb sudah selesai. Selanjutnya adonan di cetakan boleh dibawa pulang atau dikembalikan.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X