Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Akhir Februari, Museum Samudera Pasai akan Dibuka untuk Umum

Kompas.com - 23/01/2019, 17:09 WIB
Masriadi ,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


ACEH UTARA, KOMPAS.com - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Aceh Utara berencana membuka Museum Samudera Pasai di Kecamatan Samudera, Kabupaten Aceh Utara pada bulan Februari.

Kepala Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Aceh Utara, Nur Liana, Rabu (23/1/2019) menyebutkan sebelumnya museum itu dibuka terbatas yakni saat ada kunjungan pelajar atau mahasiswa saja. Ke depan, direncanakan museum itu terbuka untuk umum.

“Rencananya sih akhir Februari dibuka. Masih ada sedikit kendala soal akses jalan, nanti saya komunikasi dengan kepala desa, agar akses jalan ini kita pikirkan agar layak,” katanya.

Misalnya, sambung Nur Liana, direncanakan jalan desa yang terhubung ke museum itu akan digunakan kereta penjemput milik masyarakat.

“Seperti kereta pakai gerbong mungkin dari jalan desa naik ke gerbong kereta itu baru sampai ke museum,“ sebutnya.

Selain itu, sambungnya, interior seperti plafon juga sedang dibenahi.

“Pagar juga perlu direhab sedikit lah,” pungkasnya.

Sekadar diketahui, museum ini menyimpan peninggalan sejarah abad 13, 15 hingga abad 18. Mayoritas koleksi museum itu seperti dirham emas, alat perang, kuningan dan lain sebagainya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com