Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tradisi Pemaka di Flores Barat, Acara Penyambutan untuk Tamu Khusus

Kompas.com - 24/01/2019, 13:06 WIB
Markus Makur,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi


LABUAN BAJO, KOMPAS.com — Warisan leluhur orang Manggarai Barat, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur yang terus dipertahankan dan dilestarikan hingga saat ini. Tradisi Pemaka adalah salah satu cara tua-tua adat di seluruh Kabupaten Manggarai Barat dalam menyambut tamu yang berkunjung di kampung-kampung.

Tradisi ini tidak dapat dijumpai di wilayah lain di Manggarai Raya. Hanya ada di kawasan Manggarai Barat.

Tak semua tamu disambut dengan Tradisi Pemaka. Hanya tamu-tamu khusus, seperti kunjungan gubernur, bupati, uskup, imam yang baru ditahbiskan dan para petinggi bangsa yang disambut dengan tradisi Pemaka.

Tradisi ini di waktu lampu merupakan acara penyambutan Raja dan Dalu yang mengunjungi kampung-kampung di seluruh Manggarai Barat. Kini, menyandang Raja dan Dalu saat ini sudah tidak ada di wilayah Manggarai Barat.

Sistem kerajaan di Manggarai Barat dan Manggarai pada umumnya sudah tidak berlaku lagi. Namun, warisan leluhur ini masih terus terjaga dengan baik di kampung-kampung.

Para penari caci atau Sasi sedang mempersiapkan diri untuk mementaskan tarian Cac atau Sasi untuk ungkapan syukur atas peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Santo Mikael Noa di Kampung Noa, Desa Golondoal, Kec. Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT. KOMPAS.com / MARKUS MAKUR Para penari caci atau Sasi sedang mempersiapkan diri untuk mementaskan tarian Cac atau Sasi untuk ungkapan syukur atas peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Santo Mikael Noa di Kampung Noa, Desa Golondoal, Kec. Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, NTT.

Tua-tua adat tertentu saja yang bisa membawakan tradisi saat menyambut tamu khususnya. Tidak semua orang bisa membawakan tradisi ini.

Tradisi Pemaka dibawakan oleh tua-tua adat di Kampung Noa, Desa Golo Ndoal, Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat saat peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Paroki Santo Mikael Noa.

Saat peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik, Tradisi Pemaka dibawakan oleh tua adat Kampung Noa yakni Thomas Pura . Pamaka saat itu dilakukan untuk menjemput Administrator Apostolik sekaligus Uskup Denpasar, Mgr. Silvester San dan Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch Dula bersama rombongannya.

Sore 28 September 2018 itu, Thomas Pura sudah menunggu di pintu gerbang Gereja Katolik Santo Mikael Noa dengan sebuah keris di pinggangnya. Keris adat itu hanya diperlihatkan untuk umum saat penyambutan uskup dan bupati beserta rombongannya.

Tradisi Pemaka dengan sebilah keris adat merupakan puncak dari ritual penyambutan secara adat sesuai dengan warisan leluhur dari masyarakat setempat.

Petarung Caci atau Sasi di Kampung Noa, Desa Golondoal, Kecamatan Mbeliling, Kab. Manggarai Barat, Flores, NTT, September 2018 lalu sedang mementaskan tarian caci atau Sasi untuk ungkapan syukur atas peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Santo Mikael Noa. KOMPAS.com / MARKUS MAKUR Petarung Caci atau Sasi di Kampung Noa, Desa Golondoal, Kecamatan Mbeliling, Kab. Manggarai Barat, Flores, NTT, September 2018 lalu sedang mementaskan tarian caci atau Sasi untuk ungkapan syukur atas peresmian dan pemberkatan Gereja Katolik Santo Mikael Noa.

Sebelum disambut dengan Tradisi Pemaka, terlebih dahulu uskup dan bupati disambut dengan kepok Kapu (Petuah adat) dengan seekor ayam jantan berwarna putih.

Ketua Panitia Peresmian dan Pemberkatan Gedung Gereja Paroki Santo, Mikael Noa mengatakan kegiatan apapun di Manggarai Barat selalu didahului oleh ritual adat.

Adat istiadat tidak bisa terpisahkan dengan kehidupan masyarakat lokal. Ritual adat merupakan warisan leluhur orang Manggarai Barat yang terus dilaksanakan dan dipertahankan.

“Saat peresmian dan pemberkatan gedung gereja Paroki Santo Mikael Noa terlebih dahulu dilaksanakan berbagai ritual adat. Diantaranya, Sambe atau Camber kerbau, seekor kerbau untuk disembelih, surup adat, Caci atau Sasi, Sasa selek dengan ayam dan tuak atau moke lokal," kata Noa.

"Selain itu dilaksanakan atraksi budaya khas Manggarai Barat, seperti tarian Congka atau Songka Sae selama satu minggu. Semua rangkaian ini didahului dengan ritual adat untuk memohon berkat Tuhan, alam dan leluhur,” jelasnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com