Melihat "Monas" di Kedalaman 15 Meter Laut Kepulauan Seribu

Kompas.com - 28/01/2019, 18:26 WIB
Replika Monas di kedalaman laut dekat Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.WSDC Replika Monas di kedalaman laut dekat Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.

KOMPAS.com - Monumen Nasional alias Monas ternyata tak hanya dapat Anda temui di kawasan Gambir, Jakarta Pusat.

Di kedalaman laut Kepulauan Seribu Anda juga dapat menemui Tugu Monas. Tentunya dalam bentuk replikanya saja.

Salah satu replika Monas yang cukup terkenal dapat Anda temui ketika Anda melakukan penyelaman di sekitar Pulau Pramuka, salah satu pulau di Kepulauan Seribu.

Untuk mencapai titik tempat Monas berada, Anda harus menaiki kapal kayu untuk menuju tengah laut.

Kemudian Anda harus menyelam sedalam 15 meter di titik tersebut.

Di sana, Anda akan melihat tugu Monas dengan ketinggian sekitar 2,5 meter berdiri tegak. Lokasi ini biasa digunakan sebagai salah satu spot foto menarik para penyelam.

Replika Monas di kedalaman laut dekat Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.WSDC Replika Monas di kedalaman laut dekat Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu.
Di sekitar Monas Anda juga dapat melihat stupa-stupa yang mulai menjadi tempat tinggal biota laut.

Kemudian tak jauh dari stupa, ada juga bangunan-bangunan replika piramida yang mulai menjadi tempat tinggal belut Moray.

Dive Master dari Ody Dive Pramuka Resort, Robby mengatakan, ada banyak spot menyelam di sekitar Pulau Pramuka. Tapi Monas merupakan spot yang tergolong baru.

"Kalau Monas baru dibuat sekitar tahun 2016, jadi masih baru," ujar Robby.

Awalnya, lanjutnya, replika Monas tersebut diletakkan di perairan dangkal sekitar Area Perlindungan Laut (APL) Pulau Seribu.

"Tapi karena dangkal, Monas kadang-kadang terbentur kapal yang akan sandar. Jadi karena ditakutkan akan ada kerusakan, maka dipindahkan ke perairan yang lebih dalam," tuturnya.

Menurutnya, awalnya para pengunjung yang melalukan snorkeling sudah dapat melihat replika Monas ini. Namun karena kini replika telah dipindahkan, maka Monas hanya dapat dilihat jika pengunjung melakikan penyelaman.

Piramida buatan di sekitar replika Monas di kedalaman laut Pulau Pramuka.WSDC Piramida buatan di sekitar replika Monas di kedalaman laut Pulau Pramuka.
Menurut Robby, banyak wisatawan asing yang tertarik menyaksikan replika Monas saat mengunjungi Pulau Pramuka.

Di Pulau Pramuka juga tersedia sejumlah tempat penyewaan alat selam.

"Tapi harus penyelam yang sudah berlisensi yang bisa menyelam di sini. Kalau sewa alat sama pendampingan Dive Master biayanya Rp 850.000, itu belum sewa kapalnya. Lalu kalau mau foto kami sediakan fotografer juga, harga paket foto Rp 250.000," papar Robby.

Bagaimana tertarik melihat Monas di dalam laut Kepulauan Seribu?




Close Ads X