5.000 Lampion Mulai Menyala, Ribuan Orang Padati Pasar Gede Solo

Kompas.com - 29/01/2019, 08:05 WIB
Perayaan lampion penyambutan Imlek di Pasar Gede Solo Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaPerayaan lampion penyambutan Imlek di Pasar Gede Solo

SURAKARTA, KOMPAS.com – Sekitar 5.000 lampion di Pasar Gedhe Solo, Senin (28/1/2019) mulai menyala dalam rangka menyambut Imlek. Lampion akan menyala mulai pukul 18.00 WIB hingga tanggal 28 Februari 2019.

Menurut pengamatan Kompas.com, begitu lampion dinyalakan ribuan orang langsung memadati kawasan pasar legendaris Kota Solo itu. Kebanyakan mereka yang datang adalah untuk menyaksikan keunikan lampion dan berfoto.

Lampion yang menggantung dimulai dari Jalan Jenderal Sudirman depan Balaikota. Kemudian sebuah gerbang lampion yang megah seakan menjadi pintu masuk menuju kawasan utama penyambutan Imlek di Pasar Gede Solo.

Baca juga: Mengenal Sejarah Lampion, Penerangan pada Zaman Dinasti Han Timur

Ratusan lampion juga menghiasi jembatan yang melintang di atas Sungai Pepe. Satu hal yang unik adalah lampion di atas jembatan tak hanya berwarna merah, tetapi berwarna-warni. Hal itu melambangkan persatuan dalam keragaman.

Lampion warna-warni yang melambangkan persatuan dalam keragaman.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Lampion warna-warni yang melambangkan persatuan dalam keragaman.
Di depan Pasar Gede, lampion menghiasi tugu jam yang merupakan salah satu ikon Kota Solo. Dari Tugu Jam Pasar Gede, lampion turut menghiasi Jalan Suryopranoto, Jalan Jenderal Urip Sumoharjo, dan Jalan RE Martadinata di depan Kelenteng Tien Kok Sie Sudiroprajan.

Baca juga: 5 Kota Pilihan untuk Menikmati Liburan Imlek di Indonesia

Semua kawasan lampion tersebut menjadi tempat pengunjung berfoto. Namun banyaknya pengunjung yang berlalu-lalang membuat aktivitas berfoto harus dilakukan dengan penuh kesabaran menunggu momen.

Barongsai dan Berbagai Kemeriahan Lainnya

Satu hal yang berbeda pada perayaan penyambutan Imlek kali ini adalah adanya panggung hiburan dan kreativitas di depan Pasar Gede. Pada Senin malam, panitia menyelenggarakan pementasan barongsai yang disambut antusias.

Ketika pementasan barongsai berlangsung, pengunjung rela berdesak-desakan untuk bisa menonton atau mengabadikan aksi barongsai yang komplet dengan musik perkusi khas China.

Bahkan petugas keamanan sempat sedikit kerepotan untuk meminta pengunjung agar memberikan ruang yang cukup bagi penampil barongsai. Jika tidak hujan, maka akan diadakan pementasan semacam ini di panggung depan Pasar Gede.

Pementasan Barongsai di Pasar Gede Solo, Senin (28/01/2019).Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pementasan Barongsai di Pasar Gede Solo, Senin (28/01/2019).
Tak hanya pementasan, ratusan pedagang makanan turut hadir untuk memeriahkan acara. Berbagai sajian seperti sate cumi, sosis, mie, dan bakso tersedia untuk pengunjung.

Selain itu, tampak pula pedagang yang menjajakan mainan dan suvenir khas Imlek seperti boneka barongsai. Mereka juga menjual topeng barongsai yang bisa dipakai di kepala.

Pengunjung pun tidak hanya bisa berfoto dengan lampion. Ada pula lampion berbentuk shio yang dipasang di Jalan Urip Sumoharjo.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X