Direnovasi, Wisata Batu Seribu Sukoharjo Segera Bangkit Kembali

Kompas.com - 29/01/2019, 14:15 WIB
Wisata Batu Seribu di SukoharjoKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Wisata Batu Seribu di Sukoharjo

SUKOHARJO, KOMPAS.com – Kolam renang di tengah hutan dan bersumber langsung dari mata air tentunya sangat menarik. Kesegaran udara di antara pepohonan dan kemurnian airnya menjadi daya tarik tersendiri bagi destinasi semacam ini.

Bagi masyarakat Sukoharjo dan sekitarnya, kolam renang di antara pepohonan dengan sumber air dari dalam bumi bisa didapatkan dengan mudah di obyek wisata Baru Seribu.

Bagi sebagian orang, nama destinasi ini mungkin tidak asing lagi karena memang sudah ada sekitar kurang-lebih 30 tahun. Selain itu, Batu Seribu juga pernah berjaya sekitar tahun 90-an sampai awal tahun 2000.

Baca juga: Sensasi Mendaki Gunung di Sepikul, Sukoharjo

Wisata Batu Seribu berlokasi di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Lokasinya ada di kaki Gunung Gajah Mungkur dan dekat dengan wisata hitz Sukoharjo lainnya, Gunung Sepikul.

Namun belakangan ini, destinasi yang menawarkan kesegaran kolam renang di tengah alam itu seolah terlupakan. Hal itu dikarenakan kondisinya yang kurang terawat dan membutuhkan perbaikan sehingga tidak lagi menjadi daya tarik wisatawan.

Kembali Cantik

Kini Batu Seribu seolah siap untuk bangkit kembali menjadi destinasi yang mampu menarik minat wisatawan. Destinasi ini mulai direnovasi yang pengerjaannya dimulai sejak akhir September 2018 lalu.

Tahap renovasi pertama adalah di kawasan utama Batu Seribu, yakni area kolam renang. Menurut pengamatan Kompas.com, Sabtu (26/1/2019), perbaikan sudah mulai tampak sejak area parkir bagian atas.

Pintu masuk yang unik berbentuk kadal raksasa telah diperbaiki dan dicat sehingga terlihat menarik. Jalan masuk ke Wisata Batu Seribu adalah lewat mulut patung kadal itu.

Jalan setapak menuju kolam renang juga turut diperbaiki dengan tambahan ornamen gerbang berbentuk gunungan wayang berwa-warni yang instagramable. Di samping jalan utama juga sudah ditambahkan panggung untuk pertunjukan dan tempat berkumpul.

Jalan di Wisata Batu Seribu, Sukoharjo yang Instagramable.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Jalan di Wisata Batu Seribu, Sukoharjo yang Instagramable.

Renovasi juga dilakukan di area kolam renang yang lantainya dibuat lebih cerah dan bersih. Di kolam renang dewasa paling atas juga sudah dibangun tribun yang bisa digunakan untuk beristirahat dan duduk-duduk.

Kamar mandi, toilet dan ruang ganti pun telah diperbaiki total. Kini selain bangunannya baru dengan warna yang cerah, jumlahnya juga ditambah untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Halaman:



Close Ads X