Kompas.com - 30/01/2019, 11:40 WIB

PONOROGO, KOMPAS.com - Mendengar reog, ingatan pasti teringat dengan Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur. Kesenian reog telah merambah nusantara bahkan negara tetangga dan mancaanegara.

Kepala Dinas Priwisata Ponorogo Lilik Slamet Raharjo, keika menerima rombongan famtrip Kemenpar, Rabu (23/1/2019) mengatakan tahun 2019 Ponorogo meluncurkan 85 agenda wisata. "Setiap bulan ada kegiatan wisata. Silakan wisatawan datang ke Ponorogo," kata Lilik.

Baca juga: Jatim Meluncurkan 367 Agenda Wisata Tahun 2019

Selain reog, lanjut Lilik, Ponorogo memiliki Top 10 Event wisata sepanjang 2019. Adapun 10 agenda wisata utama tahun 2019 itu adalah sebagai berikut.

1. Gebyar Jathil Massal (17 Februari 2019)

Jathil merupakan salah satu komponen tarian pada pertunjukan reog, sebagai gambaran prajurit berkuda Kerajaan Bantarangin.

Tari Jathilan yang ditampilkan secara massal dapat menambah semaraknya kesenian Reog Ponorogo. Tari Jathilan massal melibatkan ribuan pelajar, seniman dan para pelaku seni di Ponorogo.

Buah durian.KOMPAS.COM/NAZAR NURDIN Buah durian.

2. Pesta Durian (24 Februari 2019)

Kampung wisata durian adalah sebuah kebun durian seluas 3 hektar sebanyak 400 pohon terdiri dari 15 jenis durian. Dari berbagai jenis durian tersebut, jangan lupa mencicipi durian khas Ponorogo yaitu durian kanjeng.

3. Batik Ponorogo Street Exhibition (23 Maret 2019)

Setiap daerah di Jawa Timur memiliki tradisi membatik dengan motif dan warna yang memikat. Batik on the street merupaka wukud kecintaan pemuda dan pemudi Ponorogo terhadap baatik ponorogo.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.