Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

"One Day Trip" ke Palembang, ke Mana Saja?

Kompas.com - 30/01/2019, 18:12 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kota Pelembang, Sumatera Selatan, memiliki banyak destinasi wisata yang mungkin tak akan habis dikelilingi
dalam sehari.

Namun jika Anda berencana berlibur dalam waktu yang singkat di Palembang, tempat-tempat ini yang memungkinkan untuk Anda kunjungi.

1. Rumah Limas Haji Aziz

Rumah Limas Haji Aziz yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Rumah Limas Haji Aziz yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang.

Rumah limas ini terletak di Jalan Demang Lebar Daun, Palembang, Sumatera Selatan, milik seorang warga bernama Abdul Aziz Hamid atau kerap disapa Haji Aziz.

Rumah limas milik Haji Aziz ini tampak sangat terawat. Lingkungan sekitar rumah pun tapak bersih. Memasuki ruangan pertama rumah  Haji Aziz, rasanya sangat sejuk. Tak ada aroma pengap layaknya rumah adat berusia ratusan tahun.

Di dalam rumah, kami melihat berbagai interior khas rumah limas tertata sangat  rapi. Mulai dari ruangan depan, kamar, ruang makan, semuanya menggambarkan rumah limas tempo dulu yang masih terjaga keindahannya.

Sekitar 50 persen interior rumah limas ini merupakan barang lama yang sengaja dikumpulkan dan dirawat.

Biaya masuk rumah limas ini hanya Rp 10.000. Anda juga dapat berfoto dengan pakaian adat Sumatera Selatan dengan biaya tambahan sebesar Rp 150.000.

2. Jakabaring Sport City (JSC)

Pengunjung menikmati pemandangan danau Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pengunjung menikmati pemandangan danau Jakabaring Sport City, Palembang, Sumatera Selatan.

Setelah mengunjungi Rumah Limas Haji Aziz, Anda dapat melanjutkan perjalanan ke JSC yang menjadi tempat perhelatan Asian Games 2018.

Di JSC Anda akan melihat venue-venue menarik untuk kegiatan olahraga. Ada juga bangunan lima rumah ibadah yang berdiri di satu kawasan.

Ada juga danau buatan yang semula digunakan sebagai venue olah raga dayung yang dapat Anda kunjungi dan cocok digunaan sebagai area berjalan-jalan santai.

Dari Rumah Limas Haji Aziz menuju JSC Anda hanya perlu menempuh perjalanan selama 15 menit saja dengan kendaraan pribadi.

3. Museum Balaputera Dewa

Rumah limas yang terdapat di kawasan Museum Balaputera Dewa, Palembang, Sumatera Selatan.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Rumah limas yang terdapat di kawasan Museum Balaputera Dewa, Palembang, Sumatera Selatan.

Museum Balaputera Dewa juga menjadi salah satu destinasi wisata yang patut Anda kunjungi. Biaya masuk Museum Balaputera Dewa hanya Rp 2.000 saja per orangnya.

Halaman:

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com