Kisah Mistis Tiwu Ndeghar Peka, Hanya Ada di Flores Barat

Kompas.com - 01/02/2019, 21:14 WIB
Tiwu (kolam) Ndeghar Peka, Desa Ranggu, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Jumat (25/1/2019). KOMPAS.com/MARKUS MAKURTiwu (kolam) Ndeghar Peka, Desa Ranggu, Kecamatan Kuwus Barat, Kabupaten Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Jumat (25/1/2019).

RANGGU, KOMPAS.com — Sejalan dengan geliat perkembangan pariwisata di Kabupaten Manggarai Barat, Flores Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) pasca Sail Komodo 2013 membangkitkan gairah pelaku pariwisata di wilayah itu.

Kisah-kisah mistis yang selama ini hanya diketahui oleh kalangan tertentu dikembangkan menjadi sebuah destinasi sejarah dan budaya.

Indonesia bagian barat sangat lihai menarasikan kisah-kisah mistis masa lalu yang pernah terjadi dan nyata terjadi di tengah-tengah kehidupan masyarakat. Bahkan kisah itu dibuat dalam bentuk film dokumenter.

Kebiasaan menarasikan kisah-kisah mistis sangat jarang dilakukan oleh generasi muda di wilayah Manggarai Barat, Flores Barat. Konon, kebiasaan yang sangat menakutkan apabila kisah tragis itu dikisahkan ulang akan memperoleh bahaya.

Baca juga: Mandilah Bersama Kakar Tana Kolang di Tiwu Ndeghar Peka Flores Barat

Ini hanya sebuah kisah dongeng yang tidak memiliki nilai. Kemungkinan zaman itu masih menganut kepercayaan animisme. Namun, hingga era teknologi berkembang saat ini, kisah ini masih tersimpan dengan baik oleh tua-tua adat yang memperoleh kisah mistis tersebut.

Kadang-kadang mereka menuturkannya secara lisan bagi siapa saja yang ingin mengetahui arti dan nama sebuah tempat yang sangat aneh didengar.

Memang nama-nama tempat di wilayah Manggarai Barat, khususnya dan Manggarai Raya umumnya memiliki cerita-cerita mistis yang dituturkan secara lisan dan kadang-kadang menakutkan.

Baca juga: Tiba Meka, Tarian Khas Flores Barat

Kemungkinan pola pikir masih belum berubah sehingga kisah mistis itu hanya diketahui oleh kalangan sendiri. Namun, wisatawan asing dan Nusantara yang memiliki minat khusus di dunia antropologi dan sejarah tertantang dengan kisah-kisah mistis tersebut.

Wisatawan yang tertarik di bidang antropologi dan sejarah kuno sangat tertantang untuk memperoleh kisah itu serta akan melakukan penelitian di tempat tersebut. Misalnya, Bali sudah sangat terkenal di mancanegara karena kisah-kisah yang didokumentasi secara tertulis dan dipublikasi secara luas.

Keunikan alam disertakan dalam kisah mistis di Pulau Bali dan mampu mengangkat pulau itu menjadi destinasi wisata internasional. Harmonisasi alam yang dijaga nenek moyang menjadi salah satu kekuatan pariwisata di Pulau Bali.

Halaman:


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X