Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bayar Tarif Bagasi Lion Air dan Wings Air via Online Akan Lebih Hemat

Kompas.com - 03/02/2019, 09:06 WIB
Sherly Puspita,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mulai diberlakukannya bagasi berbayar oleh maskapai penerbangan bertarif rendah atau Low Cost Carrier (LCC) agaknya membuat calon penumpang menjadi was-was akan dikenakan tarif tinggi jika akan menitipkan barang bawaannya ke bagasi pesawat.

Namun ternyata, tarif bagasi maskapai penerbangan yang masuk dalam kategori LCC, Lion Air dan Wings Air akan lebih murah jika menggunakan sistem pre-paid baggage atau dibeli maksimal enam jam sebelum penerbangan dan melalui sistem online.

Corporate Communications Strategic Lion Air Group Danang Mandala Prihantoro mengatakan, pelanggan yang akan membawa bagasi dapat melakukan pembelian voucher bagasi (pre-paid baggage) melalui agen perjalanan (agent travel), website Lion Air (www.lionair.co.id) dan kantor penjualan tiket Lion Air Group.

"Pelanggan dapat membeli dengan harga lebih hemat pada saat dan setelah pembelian tiket (issued ticket), dengan batas waktu maksimum enam jam sebelum keberangkatan," ujar Danang.

Baca juga: Bagasi Lion Air dan Wings Air Kini Berbayar, Ini Harga dan Detail Lainnya

Meski demikian Danang tak menyebutkan secara detail perbedaan harga bagasi yang dibeli secara pre-paid tersebut.

"Untuk pembelian pre-paid baggage harga lebih hemat, dengan struktur kapasitas berat mulai 5 kilogram. Kalau untuk harga bagasi berbayar itu berbeda-beda antar rute. Misalnya, Jakarta Jogja berbeda dengan Jakarta Surabaya atau Jakarta Denpasar," kata dia.

Danang mengatakan, penyesuaian tarif berbayar ini akan dilakukan mulai tanggal 7 Februari 2019.

"Hadirnya opsi layanan terbaru ini, setiap pelanggan dapat melakukan traveling lebih ekonomis serta terjangkau dengan pilihan kapasitas bagasi menurut tingkat keperluan perjalanan," tuturnya.

Baca juga: Thai Lion Air Menyandang Maskapai dengan Pertumbuhan Paling Pesat Sedunia

Lebih lanjut Ia menambahkan, terkait dengan ketentuan barang bawaan ke kabin, aturan yang berlaku yaitu setiap pelanggan kecuali bayi diperbolehkan membawa satu bagasi kabin dengan maksimum berat 7 kg dan satu barang pribadi seperti tas laptop, perlengkapan bayi, bahan membaca, kamera, atau tas jinjing wanita.

Ketentuan maksimum ukuran dimensi bagasi kabin ialah 40 cm x 30 cm x 20 cm.

Dalam mempersiapkan penerbangan, ia menghimbau kepada seluruh pelanggan untuk melakukan check-in lebih awal yaitu paling tidak 120 menit sebelum jadwal keberangkatan penerbangan di terminal keberangkatan bandar udara. Hal tersebut guna meminimalisir dampak dari antrean panjang di meja pelaporan.

"Kemudian counter check-in di bandar udara akan tutup 30 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan domestik atau 45 menit sebelum waktu keberangkatan untuk penerbangan internasional," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com