Berwisata, Berbelanja, dan Bersantai di Aceh Utara

Kompas.com - 04/02/2019, 10:20 WIB
Wisatawan memilih ikan untuk dibeli dari nelayan di Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan memilih ikan untuk dibeli dari nelayan di Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).

LHOKSEUMAWE, KOMPAS.com – Lima perahu menepi di bibir Pantai Bantayan, di Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019). Sejumlah nelayan turun satu per satu ke darat.

Sebagian teman mereka turut menyambut kedatangan perahu tersebut. Sebagian lagi, pengunjung wisata yang memenuhi pinggir perahu. Melihat nelayan yang sedang mengangkat ikan dari perahu.

Baca juga: Pantai Lancok, Pilihan Wisata Pantai di Aceh Utara

Sejumlah nelayan itu bahkan terlihat santai merapikan ikan ke dalam wadah yang disediakan. Satu timbangan kecil tersedia.

“Jika pengunjung mau beli, boleh saja,” kata seorang nelayan tersenyum.

Wisatawan memandang Pantai Bantayan, di Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan memandang Pantai Bantayan, di Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).
Ketika wisatawan memenuhi pinggiran perahu, nelayan sama sekali tak terganggu. Sebaliknya, bagi wisatawan, melihat aktivitas nelayan menepi bibir pantai menjadi keindahan tersendiri.

Baca juga: Berburu Durian Buloh Aceh Utara, Serunya Menunggu Jatuh dari Pohon...

Matahari kian menanjak. Meski begitu, sebagian wisatawan terlihat santai mandi dipayungi langit nan membiru di pantai tersebut.

Pedagang es krim mendekat ke bibir pantai. Berharap anak-anak yang selesai mandi, bisa membeli es krim tersebut.

Perahu nelayan di Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Perahu nelayan di Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).
Pantai itu menjadi magnet wisata baru dua tahun terakhir di utara Kabupaten Aceh Utara. Di sana, ratusan pengunjung saban hari memadati area pantai. Mereka datang dari Kabupaten Aceh Timur dan Kabupaten Aceh Utara.

Baca juga: Pelepasan Tukik Selalu Jadi Daya Tarik Pantai Trisik

Sebagian datang rombongan kantor, sebagian lagi tampak membawa keluarga. Bibir pantai pun terbilang nyaman untuk berenang anak-anak. Tidak dalam. Meski begitu, orang tua tetap mengawasi anaknya bermain.

Salah seorang pengunjung, Sri Agustina, menyebutkan, obyek wisata itu semakin nyaman untuk dikunjungi. Jika menyewa pondok dengan luar sekitar 4 x 5 meter, pengelola mematok Rp 200.000.

Wisatawan mandi di Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan mandi di Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).
Namun pondok tersebut bisa digunakan belasan orang. Tersedia pula aneka penganan di sana. Meja-meja diatur sedemikian rupa, agar pengunjung nyaman. Harga makanan, masih sangat terjangkau untuk kantong anak kos.

Sarana lainnya seperti mushala, mandi, cuci dan kakus pun sangat baik. Sehingga, pengunjung nyaman menggunakan fasilitas umumnya.

Untuk anak-anak, bisa menyewa ban yang telah disiapkan. Harganya Rp 5.000 bisa digunakan sepuasnya. Untuk menuju obyek wisata itu, bisa menggunakan lintas Medan-Banda Aceh.

Wisatawan bersantai di warung makan Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan bersantai di warung makan Pantai Bantayan, Desa Ulee Rubek, Kecamatan Seunuddon, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Minggu (3/2/2019).
Setiba di persimpangan Seunuddon, maka rambu lalu lintas akan mengarahkan. Silakan ikuti rambu lalu lintas itu hingga ke ujung jalan. Di sana lah, di ujung utara itu pantai nan indah menunggu wisatawan.

Jika Anda melintas, silakan berkunjung. Bisa berbelanja ikan, berwisata atau sekadar bersantai sembari menikmati debur ombak, angina dan pemandangan nan indah.



Close Ads X