Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tips Berburu Foto di Kelenteng Saat Perayaan Imlek

Kompas.com - 04/02/2019, 21:12 WIB
Silvita Agmasari,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Imlek menjadi perayaan lintas etnis dan agama. Suasana yang meriah dengan dekorasi yang menarik membuat momen Imlek menarik untuk diabadikan. Salah satu tradisi sebelum atau saat Imlek adalah sembahyang ke kelenteng.

Momen ini juga yang menjadi buruan para fotografer untuk mengabadikan kemeriahan Imlek. Sebelum berburu foto di kelenteng, ada baiknya ketahui dahulu beberapa peraturan yang berlaku seperti berikut:

1. Siapa Saja Boleh Datang

Kelenteng biasa digunakan sebagai tempat beribadah pemeluk agama Konghucu. Di Kota Bekasi sendiri ada satu kelenteng yang memiliki usia ratusan tahun, yakni Kelenteng Hok Lay Kiong. Ketua Yayasan Kelenteng tersebut, Ronny Hermawan mengatakan kelenteng terbuka untuk siapa saja.

“Siapa saja boleh datang ke Kelenteng ini tidak terbatas pada agama. Mereka bisa datang untuk melihat nilai religi dan sejarah, juga orang Tionghoa yang sedang beribadah,” kata Ronny kepada KompasTravel, di Bekasi, Jawa Barat, Selasa (30/1/2018).

2. Waktu Sembahyang

Umat Konghucu tidak punya waktu khusus untuk bersembahyang, boleh kapan saja. Namun jadwal sembahyang umumnya dilaksanakan pada Ce It (tanggal satu pada kalender China setiap bulan) dan Cap Go (tanggal 15 pada kalender China setiap bulan).

Ketika Imlek, sembahyang umumnya dilakukan pada malam sebelum Hari Imlek atau pagi saat Hari Imlek. Momen sembahyang saat Imlek menjadi yang paling ramai dalam satu tahun.

Warga keturunan Tinghoa melakukan sembahyang sebelum menggelar ritual penyucian Kimsin (patung dewa-dewi) di Klenteng Pan Kho, Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (5/2/2016).KOMPAS.com / RAMDHAN TRIYADI BEMPAH Warga keturunan Tinghoa melakukan sembahyang sebelum menggelar ritual penyucian Kimsin (patung dewa-dewi) di Klenteng Pan Kho, Kampung Pulo Geulis, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jumat (5/2/2016).

3. Menjaga Sopan Santun

Ketika mengunjungi kelenteng, menurut Ronny juga sebaiknya menjaga norma-norma yang ada. Seperti kesopanan dan kesusilaan.

“Ya kalau datang ke Kelenteng pakaiannya yang normal, kalau perempuan misalnya tidak menggunakan rok mini, lalu juga sebaiknya tidak menggunakan sandal jepit,” katanya.

Selain pakaian, jaga juga perkataan dan perbuatan. Hindari perkataan atau perbuatan yang dapat menyakiti hati orang lain atau mendistraksi orang saat beribadah.

4. Menghargai orang yang sedang sembahyang

Hal terpenting jika berkunjung ke kelenteng adalah menghargai orang yang sedang sembahyang. Seperti halnya tidak berisik, lalu juga tidak melintas di depan orang yang sedang berdoa.

5. Aturan Berfoto

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com