Reog, Barongsai, Liong Tampil Semarakkan Imlek di Ancol

Kompas.com - 05/02/2019, 12:25 WIB
Penari Barongsai dan Bujang Ganong tampil bersama dalam rangkaian Ancol Imlek Festival di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta, Sabtu (2/2/2019). Pertunjukan tersebut diselenggarakan dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek 2570.
ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTO Penari Barongsai dan Bujang Ganong tampil bersama dalam rangkaian Ancol Imlek Festival di Pantai Lagoon Ancol, Jakarta, Sabtu (2/2/2019). Pertunjukan tersebut diselenggarakan dalam rangka merayakan Tahun Baru Imlek 2570.

JAKARTA, KOMPAS.com - Taman Impian Jaya Ancol menggelar perpaduan dan kolaborasi antara tiga kebudayaan dalam rangka menyemarakkan Hari Raya Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019.

Corporate Communications Ancol, Rika Lestari dalam rilis yang diterima, Selasa (4/2/2019), menyebutkan bahwa untuk turut merayakan Imlek, Ancol Taman Impian mempersembahkan acara "Ancol Imlek Festival 2019" yang bertema "Energi Semangat Bersama".

Tema tersebut diusung sebagai bentuk apresiasi terhadap indahnya keberagaman budaya Indonesia dan untuk pertama kalinya di Ancol Imlek Festival akan tampil kolaborasi tiga kebudayaan yaitu Tari Reog Ponorogo, Barongsai, dan Liong.

Acara yang telah digelar sejak tanggal 2 Februari itu berlangsung di area Pantai Ancol Lagoon.

Pada 2 Februari, setelah kolaborasi Tari Reog Ponorogo, Barongsai, dan Liong, acara dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Seribu Tangan.

Tarian yang mengandalkan kecepatan tangan ini dalam bahasa Mandarin disebut Qian Shou Guan Yin dan terinspirasi dari Dewi Guan Yin yaitu Dewi yang dihormati oleh umat Buddha.

Pada 3 Februari, Kelompok Barongsai juara dunia Kong Ha Hong akan tampil dengan membawakan pertunjukan spesial barongsai tonggak. Cantiknya Tari Lampion khas negara Vietnam turut meramaikan acara Ancol Imlek Festival di Floating Stage Pantai Ancol Lagoon.

Kemeriahan Ancol Imlek Festival masih berlanjut pada 4 Februari yang meghadirkan Tari Kipas dan musik spesial, masih di panggung Floating Stage.

Puncak acara Ancol Imlek Festival berlangsung Rabu (5/2/2019), di mana aksi unik Tari Reog Ponorogo yang berkolaborasi dengan Barongsai dan Liong kembali hadir dengan lebih meriah.

Sejumlah pengunjung bersiap melepaskan lampion di Pantai Ancol, Jakarta, Minggu (3/2/2019). Pelepasan lampion tersebut menjadi simbol harapan kebaikan dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2570.ANTARA FOTO/PUTRA HARYO KURNIAWAN Sejumlah pengunjung bersiap melepaskan lampion di Pantai Ancol, Jakarta, Minggu (3/2/2019). Pelepasan lampion tersebut menjadi simbol harapan kebaikan dalam rangka menyambut Tahun Baru Imlek 2570.
Acara dilanjutkan dengan pertunjukan spesial penyanyi dangdut yang terkenal dengan lagu Jaran Goyang, Nella Kharisma. Setelah Nella Kharisma, pengunjung akan dihibur oleh Tarian Pita khas China.

Sebagai penutup acara, ada Lagoon Sunset Music Special Imlek dengan menampilkan kelompok musik Barasuara yang siap mempersembahkan aksinya.

Di Sea World Ancol pada 2-5 Februari pukul 10.45 dan 13.45 WIB, ada pertunjukan Underwater Barongsai "The Legend of 12 Shio" yang akan menceritakan kisah tentang penduduk di dataran tinggi China, yang dapat membedakan waktu dengan Shio yang diberikan oleh Kaisar Langit.

Selain itu, ada pula acara bagi-bagi sebanyak 2.570 kue keranjang khas Imlek di Atlantis Water Adventures.

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
komentar di artikel lainnya
Close Ads X