Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengepak Barang Sesuai Metode KonMari dari Marie Kondo

Kompas.com - 07/02/2019, 13:02 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Metode KonMari, merupakan metode berberes barang yang dicetuskan oleh penulis buku asal Jepang, Marie Kondo. Saat ini Kondo terkenal sebagai pakar berberes barang dengan program seri Tidying Up with Marie Kondo yang tayang di saluran Netflix.

Uniknya metode KonMari ini tidak hanya dapat dipraktikkan di rumah, melainkan juga untuk mengepak saat berwisata. Berikut adalah panduan mengepak barang untuk berwisata ala metode KonMari:

1. Buat Daftar Destinasi dan Acara

Sebelum mengepak barang bawaan, Anda harus tahu tujuan saat berwisata. Apakah ada acara formal, banyak berada di luar ruang, atau untuk urusan bisnis. Daftar destinasi dan acara memengaruhi barang bawaan yang Anda butuhkan.

2. Pilih Barang yang Hanya Anda Butuhkan

Alih-alih memilih barang yang mungkin akan dipakai, pilihlah barang yang pasti dipakai. Dengan kata lain, barang yang pasti dipakai harus sesuai dengan daftar destinasi dan acara yang telah Anda buat.

Singkirkan semua barang yang sekiranya Anda pikir akan dipakai atau akan dibutuhkan selama perjalanan.

3. Cara Mengepak

Susun barang secara vertikal, jangan horizontal. Selain lebih mudah untuk dilihat dan diambil, menyusun barang secara vertikal menyisakan lebih banyak tempat di tas atau koper.

4. Jangan Penuhi Tas

Marie Kondo menyarankan Anda untuk hanya memasukkan barang 50 persen dari kapasitas tas. Sisa 50 persen lain bisa Anda gunakan untuk belanja oleh-oleh atau membawa barang lain selama perjalanan.

5. Masukkan Barang ke Plastik Transparan

Kuncinya masukkan barang ke plastik transparan sesuai kategori. Misalnya atasan, bawahan, atau pakaian dalam. Plastik transparan dapat membantu organisasi barang, sekaligus menghindari barang jadi kotor atau basah selama perjalanan.

6. Pikir Sebelum Berbelanja

Salah satu langkah penting dari metode KonMari adalah berpikir sebelum berbelanja di destinasi tujuan. Apakah barang yang dibeli menimbulkan kebahagiaan atau tidak. Jika membeli barang hanya karena berpikir akan dibutuhkan, baiknya jangan dibeli.

7. Sepulang dari Perjalanan

Buka tas Anda, keluarkan barang-barang dengan rasa bersyukur dan berterima kasih karena telah membantu perjalanan. Kemudian bersihkan tas dan koper, tempatkan kembali ke tempat yang layak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com