Kursi Selfie, Cara Pemerintah Irlandia Kurangi Korban Kecelakaan Akibat Selfie

Kompas.com - 07/02/2019, 16:25 WIB

 

KOMPAS.com - Menteri untuk kesehatan mental dan lansia Irlandia, Jim Daly membuat proposal kursi selfie yang diajukan ke badan pembangunan pariwisata nasional Irlandia.

Daly menyebut pembangunan kursi selfie di berbagai destinasi wisata dapat menjadi alat marketing inovatif dan mencegah korban kecelakaan akibat swafoto.

"Banyak turis yang menjadi sensitif dengan waktu, ingin tahu kemana pergi dan harus berbuat apa. Mereka juga suka memortret yang jelas, dibanding foto yang kurang jelas untuk media sosial dan Instagram mereka," kata Daly kepada Southern Star.

Baca juga: Wisata Selfie di Bandung yang Tawarkan Pantai di Tengah Kota

Kursi selfie menurut Daly merupakan jawaban untuk menampilkan obyek wisata Irlandia yang  melingkupi tebing dengan pemandangan cantik. Baginya kursi khusus selfie menandakan satu lokasi yang bagus untuk dipotret dan memang aman untuk tempat berpijak wisatawan.

Kursi selfie juga dirasa praktis dan berbiaya minim. Selain itu juga tidak menggangu pemandangan dan melindungi karakter area wisata. Proposal Daly masih akan terus dibahas oleh badan pembangunan pariwisata nasional Irlandia.

Insiden akibat selfie semakin hari kian mengkhawatirkan. Penelitian dari Journal of Family Medicine and Primary Care dari India mengungkapkan ada lebih dari 259 orang dari seluruh dunia meninggal akibat selfie sejak 2011 sampai 2018.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.