Gunungkidul Punya Taman Bunga di Dekat Pantai - Kompas.com

Gunungkidul Punya Taman Bunga di Dekat Pantai

Kompas.com - 07/02/2019, 17:08 WIB
Keindahan Taman Bunga Telaga Malingan, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan Taman Bunga Telaga Malingan, Gunungkidul.

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Pantai merupakan daya tarik utama wisata Gunungkidul. Keindahan pantai di pesisir selatan kabupaten dengan semboyan Handayani ini memang terkenal.

Maka dari itu, destinasi pantai di Gunungkidul seringkali dipadati oleh wisatawan pada hari libur. Ketika libur panjang, hampir dipastikan jika pantai-pantai di Gunungkidul akan ramai oleh wisatawan.

Baca juga: Sebelum ke Pantai Gunungkidul, Jajan Dulu di Pasar Digital Ngingrong

Namun, rugi jika hanya mengunjungi pantai ketika berkunjung ke Gunungkidul. Masih ada berbagai destinasi lain yang pesona keindahannya tidak kalah dengan pantai. Salah satunya adalah Taman Bunga Telaga Malingan.

Taman bunga ini terletak di Desa Mulo, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak tempuh dari Kota Wonosari hanyalah sekitar delapan kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 15 menit.

Keindahan Bunga Aneka Warna

Usai membayar retribusi sebesar Rp 5.000, pengunjung akan langsung disambut dengan warna-warni bunga di taman seluas sekitar setengah hektar ini. Cosmos kuning dan oranye merupakan jenis bunga yang mendominasi taman.

Tak hanya bunga cosmos, ada pula beberapa bunga lainnya seperti anyelir, bunga kertas, dan celosia. Desain taman dibuat melingkar dengan jalan setapak di antara bunga-bunga yang bisa digunakan pengunjung untuk menjelajah dan berfoto.

Baca juga: 5 Sajian Tradisional yang Bisa Dinikmati di Pasar Digital Ngingrong

Sementara itu di pinggir taman telah dibangun tempat untuk duduk dan bersantai. Ada pula gubug yang selain bisa digunakan untuk beristirahat, cocok juga untuk digunakan sebagai latar foto.

Pengunjung berpose dengan latar hamparan bunga di Taman Bunga Telaga Malingan, Gungungkidul (02/02/2019).Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pengunjung berpose dengan latar hamparan bunga di Taman Bunga Telaga Malingan, Gungungkidul (02/02/2019).

Taman Bunga ini juga semakin cantik dengan adanya kupu-kupu. Jika pas musimnya seperti ketika akhir tahun 2018, maka akan ada ribuan kupu-kupu yang beterbangan di antara warna-warni bunga.

Sore hari yang cerah di akhir pekan merupakan waktu kunjungan favorit ke Taman Bunga Telaga Malingan ini. Hal itu karena cahaya matahari sudah tidak begitu panas ketika sudah sore. Sementara jika siang hari, sengatan terik matahari begitu terasa.

Pengelola juga menyediakan beberapa properti agar aktivitas berfoto menjadi semakin berkesan. Pengunjung bisa meminjam pakaian tradisional dan payung berwarna cerah sehingga hasil foto akan semakin cantik.

Tempat Mampir Terbaik Sebelum ke Pantai

Satu hal yang membuat Taman Bunga Telaga Malingan spesial adalah lokasinya searah dengan rute ke pantai-pantai selatan Gunungkidul. Taman ini juga dekat dengan Destinasi Digital Pasar Ngingrong.

Oleh karena itu, taman ini cocok sebagai tempat istirahat sebelum melanjutkan perjalanan ke pantai. Taman Bunga Telaga Malingan bisa dibilang merupakan setengah jalan pada perjalanan dari Kota Jogja menuju pantai-pantai di Gunungkidul.

Baca juga: Seperti di Belanda, Intip Keindahan Taman Ramadanu Magelang

Tentu beristirahat sambil menikmati keindahan warna-warni bunga merupakan pilihan yang tepat. Selain bisa melakukan peregangan agar tidak pegal, pikiran pun menjadi lebih segar sehingga akan lebih siap untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Pengunjung berswafoto di Taman Bunga Telaga Malingan, Gunungkidul (02/02/2019).Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pengunjung berswafoto di Taman Bunga Telaga Malingan, Gunungkidul (02/02/2019).

Jika haus dan lapar, maka sajian lezat tersedia di Pasar Ngingrong yang terletak tepat di sebelahnya. Namun pasar hanya buka Hari Sabtu dan Minggu pukul 06.00 WIB sampai 12.00 WIB saja.

Selain itu, Taman Bunga Telaga Malingan juga dekat dengan Geosite Ngingrong. Pengunjung bisa berjalan menyusuri jalan setapak untuk melihat lembah alami yang besar dengan gua karst di dasarnya.

Baca juga: Taman Bunga Cantik di Kaki Gunung Slamet

Taman ini juga dekat dengan Etalase Taman Batu Gunung Sewu. Jam buka taman adalah mulai pukul 08.00 WIB sampai 18.00 WIB setiap harinya.



Close Ads X