Kompas.com - 08/02/2019, 08:27 WIB

KOMPAS.com - Setahun belakangan, berbagai negara terus menggaungkan tren wisata halal guna memikat wisatawan muslim dari berbagai belahan dunia. Hongkong menjadi salah satu negara yang terbilang aktif mengincar pasar wisata halal.

Selama 2018, Hong Kong Tourism Board (HKTB, Badan Pariwisata Hongkong) mengklaim tidak sekadar menggencarkan promosi, tetapi juga mempersiapkan pelayanan terbaik dalam hal wisata halal.

Upaya tersebut diawali dengan Muslim Travel Seminar bagi rekan bisnis dan wisata Hongkong untuk memahami kebutuhan wisatawan muslim pada umumnya. Diikuti sekitar 120 representasi industri pakaian, pangan, pusat perbelanjaan, dan atraksi wisata, seminar ini membedah soal sertifikasi halal, karakteristik wisatawan muslim, dan potensi pasar wisata halal di Hongkong.

“Hongkong berharap dapat meningkatkan pengetahuan wisatawan akan adanya kuliner halal, fasilitas beribadah, dan berbagai fasilitas ramah muslim lainnya," kata Raymond Chan, Regional Director Southeast Asia HKTB dalam keterangan resmi yang diterima KompasTravel Kamis (7/2/2019).

Baca juga: Ini Alasan Anda Harus Liburan Akhir Tahun ke Hongkong Disneyland

Pihak HKTB juga mengaku telah bekerja sama dengan media daring wisata Muslim untuk menciptakan konten menarik yang menyoroti Hongkong sebagai destinasi yang direkomendasikan bagi wisatawan Muslim.

Di samping itu, bucket list ramah Muslim juga telah diluncurkan, dengan konten seperti atraksi-atraksi yang patut dikunjungi, kuliner halal, dan fasilitas ramah Muslim di Hongkong, agar umat Muslim dapat menjadikan Hongkong sebagai destinasi pilihannya tahun ini.

Baca juga: Kini Wisatawan Bisa Menikmati Kereta Cepat di Hongkong

Salah satu atraksi lokal yang dapat dikunjungi adalah Ngong Ping, dengan Crystal Cabin Cable Cars dan Big Buddha ikoniknya. Di Ngong Ping juga tersedia restoran bersertifikat halal, yakni Ebeneezer’s Kebab and Pizzeria yang menyajikan beragam hidangan India dan Timur Tengah.

Sejumlah menu makanan halal di Mas Restaurant di Cheung Sa Wan Road, Sham Shui Po, Kowloon. Salah satu menu unggulan di restoran tersebut adalah Lamb Chop (tengah).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Sejumlah menu makanan halal di Mas Restaurant di Cheung Sa Wan Road, Sham Shui Po, Kowloon. Salah satu menu unggulan di restoran tersebut adalah Lamb Chop (tengah).
Pilihan makanan halal lainnya tersedia di Islamic Centre Canteen yang menyediakan beragam dim sum halal seperti siu mai, har gaw, xiao long bao, dan ketan kukus bungkus daun lotus isi ayam. Ada pula Chirsly Café yang terkenal dengan roti nanasnya (bo lo bao) dan egg tarts bagi wisatawan Muslim pencinta pastry.

Sertifikasi restoran halal juga telah diperoleh beberapa tempat rekreasi di Hongkong. Ada Café Ocean di Ocean Park Hongkong yang menyajikan beragam hidangan khas Asia Tenggara.

Lalu, ada pula Hongkong Disneyland yang turut menawarkan beragam pilihan hidangan halal seperti di Main Street Market, Mystic Point’s Explorer’s Club Restaurant, dan Tahitian Terrace. Pilihan restoran tersebut menyajikan hidangan Korea, Jepang, dan Indonesia.

Setelah menikmati hidangan halal, wisatawan muslim dapat beribadah di ruang ibadah khusus, berlokasi tepat di sebelah Explorer’s Lodge. (*)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.