Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Romantisnya Teluk Love di Pantai Payangan Jember

Kompas.com - 08/02/2019, 18:06 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com – Kabupaten Jember memang memiliki berbagai destinasi yang menawarkan pesona keindahan alam. Keindahan itu bisa ditemukan di pesisir selatan yang berbatasan dengan Samudera Hindia.

Pantai-pantai dengan lanskap yang indah menghiasi sisi selatan kabupaten dengan luas wilayah sekitar 3.293 kilometer persegi ini. Salah satu pantai dengan panorama indah adalah Payangan.

Baca juga: Pantai Payangan, Pesona Bagai Khayangan di Jember Selatan

Pantai ini terletak di Dusun Payangan, Desa Sumberrejo, Kecamatan Ambulu, Kabupaten Jember. Jarak tempuh dari Kota Jember kurang-lebih 32 kilometer dengan waktu tempuh sekitar satu jam.

Keindahan Payangan tidak hanya tersaji di pasir pantainya yang berwarna hitam. Terdapat bukit-bukit kecil yang bisa didaki wisatawan, yakni Seruni, Samboja, dan Suroyo. Dari sana, tersaji panorama keindahan yang unik dan khas.

Pesona Bukit Suroyo

Satu hal yang khas dan unik di Pantai Payangan adalah terdapat Teluk Love yang berbentuk seperti hati. Teluk berbentuk unik ini berada di sebelah timur kawasan Pantai Payangan.

Menikmati keunikan Teluk Love tidak dilakukan dengan mengunjunginya. Keindahan Teluk Love paling bagus dinikmati dari ketinggian. Wisatawan bisa melakukannya dengan mendaki  Bukit Suroyo atau Sroyo yang berada di sisi timur Pantai Payangan.

Baca juga: Bukit Cinta, Spot Romantis ala Klaten

Bukit ini dikelola oleh masyarakat setempat. Tarif masuknya hanya Rp 5.000 yang digunakan untuk membenahi dan membangun fasilitas penunjang wisata. Pendakian bukit pun tidak sulit karena jalan sudah ditata dengan baik.

Jalan setapak yang ada sudah baik sehingga nyaman untuk dilalui. Kondisi jalan di awal perjalanan sudah terbuat dari tangga beton. Sementara di bagian atas, jalan setapak dari tanah cukup jelas dan juga mudah ditapaki.

Keindahan pemandangan dari Bukit Suroyo, Pantai Payangan Jember, salah satunya Pulau Nusa Barong di ujung barat daya.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan pemandangan dari Bukit Suroyo, Pantai Payangan Jember, salah satunya Pulau Nusa Barong di ujung barat daya.

Keindahan Pantai Payangan seolah menjadi teman setia ketika mendaki Bukit Suroyo. Hijaunya bukit dan birunya langit serta lautan seolah berkolaborasi menghadirkan panorama yang begitu memesona.

Setibanya di puncak bukit, telah tersedia beberapa spot foto dan gazebo sederhana untuk beristirahat. Panorama ke arah selatan tampak begitu menawan, terutama Pulau Nusa Barong yang menghiasi ujung cakrawala barat daya.

Baca juga: Menikmati Suasana Asri dan Romantis di Air Terjun Pengantin Ngawi

Tampak pula dari Bukit Suroyo ini ikon lain Kabupaten Jember yakni Pantai Tanjung Papuma dengan pasir putih dan gugusan batu karangnya.

Sementara itu, ada pula domba yang berlalu-lalang di sekitar jalan setapak hingga tebing Bukit Suroyo. Domba atau kambing milik warga itu memang bebas berkeliaran untuk merumput. Oleh karena itu, lokasi ini juga kerap disebut Bukit Domba.

Teluk Love yang Romantis

Sajian panorama utama dari Bukit Suroyo ada di sisi timur. Di sinilah Teluk Love dapat diamati dengan sangat jelas. Lengkungan garis pantai teluk ini benar-benar tampak seperti bentuk hati.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com