5 Makanan Unik dari Ethiopia

Kompas.com - 08/02/2019, 19:04 WIB
Hidangan Khas Ethiopia.Shutterstock Hidangan Khas Ethiopia.

KOMPAS.com – Salah satu hal yang wajib dilakukan saat berkunjung ke negara lain adalah mencicipi kuliner khasnya. Terlebih jika negara itu ada di benua berbeda, sajian di sana tentu akan berbeda dan unik.

Keunikan itulah yang bisa ditemukan di Benua Afrika. Tidak hanya Mesir, negara-negara lain di sana juga memiliki keunikan kuliner khasnya, salah satunya adalah Ethiopia.

Berikut ini adalah 5 sajian terbaik dari negara yang terletak di tanduk Afrika ini:

1. Tibs

Tibs, Sajian Khas Ethiopia.Shutterstock Tibs, Sajian Khas Ethiopia.
Sajian pertama ini adalah irisan daging sapi atau domba yang digoreng dengan mentega, bawang putih, dan bawang merah. Hidangan ini menjadi salah satu yang paling populer di Ethiopia.

Tibs disajikan dalam berbagai variasi jenis, ukuran, bentuk potongan daging, suhu, hingga memakai sayur atau tidak. Salah satu variasi tibs yang disarankan adalah shekla.

Varian ini disajikan di atas pot tanah liat dengan bara api panas di bawahnya. Potongan daging itu pun masih dalam proses pemanggangan ketika sampai di meja. Selain lezat, tentunya unik untuk menyantap sajian dengan cara seperti itu.

2. Beyainatu

Beyainatu dari Ethiopia.Shutterstock Beyainatu dari Ethiopia.

Hidangan yang satu ini cocok bagi para vegetarian. Beyainatu jika diterjemahkan memiliki arti “sedikit dari setiap jenis”.

Hal itu karena hidangan ini disajikan dengan meletakkan berbagai jenis makanan seperti sayur aneka warna, kentang, kari, dan semur rebus di atas injera (semacam roti datar).

Beyainatu pun menawarkan cita rasa yang berbeda-beda dalam satu menu makanan. Tidak hanya rasa, berbagai jenis makanan yang disajikan membuat hidangan ini terkesan beraneka warna.

Hidangan ini tersedia di seluruh negeri, mulai dari restoran mewah hingga warung makan pinggir jalan. Menu ini pun menjadi yang paling aman dan sederhana jika dihadapkan dengan daftar menu berbahasa Amharik.

3. Tere Siga

Sajian Tere Siga dari ethiopia berupa daging merah yang mentah.CNN Travel Sajian Tere Siga dari ethiopia berupa daging merah yang mentah.
Sajian unik selanjutnya bukan untuk orang-orang yang takut dengan makanan ekstrem. Tere siga yang populer ini merupakan kubus daging merah mentah.

Masyarakat setempat biasanya menyantap Tere Siga dengan roti untuk menjepit daging kemudian dicelupkan ke dalam mitmita (semacam bubuk campuran bumbu) yang banyak.

Halaman:
Punya opini tentang artikel yang baru Kamu baca? Tulis pendapat Kamu di Bagian Komentar!


Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Terkini Lainnya

Close Ads X