Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelajah Keindahan Tanjung Papuma, Pantai Pasir Putih Kebanggaan Jember

Kompas.com - 12/02/2019, 14:05 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JEMBER, KOMPAS.com – Berbatasan langsung dengan Samudera Hindia di sisi selatannya membuat Kabupaten Jember, Jawa Timur memiliki wisata pantai. Destinasi ini menjadi alternatif kunjungan favorit wisatawan ketika hari libur atau akhir pekan.

Pantai di Jember pun memiliki keindahan panorama dan keunikannya masing-masing. Salah satunya adalah Tanjung Papuma yang berbeda dari pantai lainnya.

Baca juga: 5 Tips Berwisata ke Teluk Love Pantai Payangan Jember

Tanjung Papuma terletak di Desa Lojejer, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember. Jarak tempuh dari Kota Jember adalah sekitar 40 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 1 jam 15 menit.

Rute menuju Tanjung Papuma sama dengan arah ke Pantai Payangan dan Watu Ulo. Namun usai berbelok selatan di Jalan Otto Iskandar Dinata sekitar 27 kilometer, perjalanan dilanjutkan dengan berbelok kanan atau barat.

Telah tersedia tulisan “Selamat Datang di Tanjung Papuma” di jalan yang harus dilalui nanti. Memang Tanjung Papuma bisa dicapai melalui Pantai Payangan dan Watu Ulo. Namun lewat jalur ini nantinya wisatawan tetap harus membayar retribusi masuk Pantai Watu Ulo.

Tiket Masuk Tanjung Papuma

Pos retribusi Tanjung Papuma berada di kaki bukit yang harus dilalui untuk mencapai tujuan. Ketika Kompas.com berkunjung Senin (4/2/2019), tarif masuknya Rp 20.000 untuk wisatawan domestik pada hari libur, Sabtu, dan Minggu.

Jika hari biasa atau hari kerja, tarif wisatawan domestik adalah Rp 15.000. Sementara untuk wisatawan mancanegara, tarifnya Rp 30.000. Tarif kendaraan roda enam adalah Rp 10.000, roda empat Rp 5.000 dan roda dua Rp 2.000.

Baca juga: Romantisnya Teluk Love di Pantai Payangan Jember

Mereka yang ingin berkemah harus membayar Rp 5.000 di sini. Usai membayar tiket masuk, perjalanan dilanjutkan dengan melewati bukit. Kondisi jalan cukup menanjak, tetapi tidak jauh. Jalur bukit hanya sekitar 1,5 kilometer saja.

Tanjung Papuma nantinya ada di balik bukit. Sesampainya di pantai, wisatawan bisa memarkir kendaraannya di kantong-kantong parkir yang tersedia.

Eksotisnya Pantai Pasir Putih Malikan

Papuma merupakan singatan dari Pantai Pasir Putih Malikan. Pantai pasir putih ini mengelilingi sebuah semenanjung yang menjorok ke lautan.

Pantai berada di sisi barat dan timur semenanjung sehingga satu pantai ada di balik pantai satunya yang dipisahkan oleh bukit kecil.

Karena terletak di semenanjung dan untuk mempermudah penyebutannya, maka Pantai Pasir Putih Malikan disebut juga sebagai Tanjung Papuma.

Indahnya Tanjung Papuma Jember.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Indahnya Tanjung Papuma Jember.
Jika sebelumnya berkunjung ke Pantai Payangan atau Watu Ulo, maka suasana di Tanjung Papuma seolah berubah drastis. Bahkan mungkin rasanya seperti sudah tidak lagi di Kabupaten Jember karena eksotisnya panorama yang tersaji di sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com