Lomba Selancar hingga "In Memorial Tsunami", Event Pantai Carita yang Digelar Tahun Ini - Kompas.com

Lomba Selancar hingga "In Memorial Tsunami", Event Pantai Carita yang Digelar Tahun Ini

Kompas.com - 12/02/2019, 16:08 WIB
Warga beraktivitas di dekat pantai Taman Carita Seapark, Anyer Carita, Banten, Rabu (26/12/2018). BNPB meminta warga untuk tidak beraktivitas di radius satu km dari bibir pantai karena dikhawatirkan akan ada tsunami susulan yang disebabkan aktivitas gunung Anak Krakatau. ANTARA FOTO/MUHAMMAD ADIMAJA Warga beraktivitas di dekat pantai Taman Carita Seapark, Anyer Carita, Banten, Rabu (26/12/2018). BNPB meminta warga untuk tidak beraktivitas di radius satu km dari bibir pantai karena dikhawatirkan akan ada tsunami susulan yang disebabkan aktivitas gunung Anak Krakatau.

KOMPAS.com - Pantai Carita merupakan salah satu kawasan di Pandeglang, Banten yang terdampak bencana tsunami Selat Sunda pada 22 Desember 2018.

Meski demikian, pemerintah daerah setempat bekerjasama dengan berbagai komunitas yang peduli terhadap potensi pariwisata Pantai Carita telah menyusun beragam acara menarik yang akan digelar sepanjang tahun 2019.

Acara-acara ini digelar salah satunya untuk menarik wisatawan untuk berlibur di Pantai Carita pasca tragedi tsunami yang memakan ratusan korban jiwa tersebut.

Baca juga: Tiga Strategi Kemenpar Pulihkan Pariwisata Pasca-tsunami Selat Sunda

Ketua Panitia Komunitas Peduli Pariwisata Carita (KPPC), Frenky, menyebut ada 21 acara yang telah disiapkan, di mana tiga di antaranya telah dilaksanakan.

"Yang sudah dilaksanakan di bulan Januari itu Carita Beach Clean, lalu yang hari ini kita laksanakan adalah Festival Otak-otak dan lomba mancing tradisional. Nanti ada juga lomba surfing, lalu In Memorial Tsunami di akhir tahun," ujar Frenky, Selasa (12/2/2019).

Lomba memancing yang digelar hari ini sangat meriah. Ratusan warga mengenakan kaos seragam berwarna oranye, berjalan menuju laut, membawa bambu dengan panjang antara 5 hingga 6 meter dan mengikuti lomba memancing tradisional.

Ratusan warga mengenakan kaos seragam berwarna oranye, berjalan menuju laut, membawa bambu dengan panjang antara 5 hingga 6 meter dan mengikuti lomba memancing tradisional di Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (12/2/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Ratusan warga mengenakan kaos seragam berwarna oranye, berjalan menuju laut, membawa bambu dengan panjang antara 5 hingga 6 meter dan mengikuti lomba memancing tradisional di Pantai Carita, Kabupaten Pandeglang, Banten, Selasa (12/2/2019).

Frenky menyebut, ada sekitar 300 orang yang mengikuti lomba memancing secara tradisional ini. Para peserta merupakan warga sekitar Pantai Carita, dari kabupaten-kabupaten sekitar Carita, dan yang terjauh berasal dari Makassar.

Frenky menambahkan, dengan diselenggarakannya acara ini Ia berharap wisatawan tak takut lagi berkunjung ke salah satu destinasi wisata di Provinsi Banten ini.

Selain Carita Beach Clean, Festival Otak-Otak, Lomba Mancing Tradisional, berikut ini daftar acara yang diselenggarakan di Pantai Carita sepanjang tahun 2019:

1. Maret, Saba Leuweng. Trip ke Curug. Gendang dan Curug Putri, Pengenalan Hutan dan Clean Forest.

2. April, cek dan donor darah .

3. April, Carita Charity Music Concert, Konser Musik.

4. April, Culture Festival.

5. Mei, Mangrove Restoration.

6. Juni, Carita Barberque Party menyambut bulan Ramadhan.

7. Juli, Rally Wisata Carita. Susur wisata Carita.

8. Agustus, Memorial Day Krakatoa, mengenang meletusnya Gunung Krakatau.

9. Agustus, Trail Running Race, Lomba Lari lintas alam.

10. Agustus, Carita Festival.

11. September, Beach Volley Ball Tournament.

12. Oktober, Tourism Guide Contest.

13. Oktober, Lomba Fotografi Carita.

14. Nuvember, Carita Pesta laut, Nadran/tasyukuran laut.

15. 20-22 Desember surfing competition.

16. 22 Desember, In Memorial Tsunami Selat Sunda (Krakatau).

17. 31 Desember, Carita Tabligh Akbar, menyambut tahun baru 2020.

18. 31 Desember, Festival 1.000 lampion.

Bagaimana, sudah siap mengunjungi Pantai Carita?



Close Ads X