Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indahnya Sunset di Pantai Ria Ende Flores

Kompas.com - 14/02/2019, 08:51 WIB
Nansianus Taris,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

ENDE, KOMPAS.com - Pantai Ria di Kelurahan Kotaratu, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) tidak asing bagi sebagian besar masyarakat di Pulau Flores.

Setiap hari libur atau pun akhir pekan, warga lokal dan turis asing datang bernostalgia di pantai itu. Mereka secara kelompok menghabiskan waktu berjam-jam untuk menikmati keindahan pantai ini. Setiap sore warga kota Ende selalu menikmati matahari terbenam (sunset) di Pantai Ria ini.

Pantai Ria ini letaknya tidak jauh dari Kota Ende. Warga lokal biasa jalan kaki dari Kota Ende menuju Pantai Ria. Hanya butuh waktu 10 menit.

Baca juga: Basuh Wajah dengan Air dari Sumur Bung Karno di Ende Flores

Pantai Ria adalah pantai terpanjang di Kabupaten Ende yang berada di selatan Pulau Flores. Air laut pantai Ria juga indah dan bersih. Sehingga pengunjung tidak hanya menikmati keindahannya, tetapi juga bisa berenang bersama keluarga.

Selain itu, gelombang laut juga bersahabat. Di Pantai Ria ini juga. pengunjung bisa mencicipi ikan bakar juga aneka makanan tradisional yang disajikan pemilik kafe.

Baca juga: Parade Laut, Cara Ende Mengenang Kedatangan Bung Karno...

Sebelum selfie atau pun berenang, pengunjung biasanya menyeruputi kopi sambil menyantap makanan ringan di kafe yang ada di bibir Pantai Ria.

Sampai di pantai, saya bersama mahasiswi dari kota Ende Maria Diana, sempatkan diri masuk di salah satu kafe.

Kami memesan kopi dan ubi goreng. Sambil menikmati kopi flores yang disuguhkan pelayan kafe, kami menikmati indahnya Pantai Ria sejauh mata memandang. Pantai ini memang sungguh memanjakan mata.

Selanjutnya saya mengabadikan keindahan senja di Pantai Ria. Waktu memang sudah menunjukkan pukul 17.00, matahari kembali ke peraduannya di balik bukit dan gunung yang berada di sekitar Pantai Ria, Sabtu (9/2/2019).

Pengunjung di Pantai Ria, Kelurahan Kotaratu, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (9/2/2019).KOMPAS.com/NANSIANUS TARIS Pengunjung di Pantai Ria, Kelurahan Kotaratu, Kecamatan Ende Utara, Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur, Sabtu (9/2/2019).
Matahari terbenam di Pantai Ria agak sedikit berbeda dengan pantai-pantai lain di seluruh Flores. Tak heran jika wisatawan yang berkunjung ke Ende selalu berkunjung ke Pantai Ria untuk menikmati keindahan dan keunikan matahari terbenam.

“Setiap sore, warga dan wisatawan selalu menikmati sunset di pantai Ria ini. Ada yang datang untuk berenang, selfie, dan menikmati tenggelamnya sunset di balik bukit yang ada di sekitar Pantai Ria. Setiap sore pantai ini selalu ramai dikunjungi,” kata Maria Diana kepada Kompas.com.

Menurut Diana, setiap hari libur, Pantai Ria selalu dipadai pengunjung, baik itu warga lokal maupun wisatawan mancanegara. Para pengunjung datang untuk berenang dan foto-foto.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com