Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat 3 Agenda Wisata Terbesar di Aceh Tahun Ini

Kompas.com - 15/02/2019, 07:08 WIB
Masriadi ,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

TAKENGON, KOMPAS.com – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar), Provinsi Aceh, menyebutkan tiga agenda wisata provinsi masuk dalam kalender wisata nasional tahun ini.

Ketiga agenda wisata itu yakni Aceh Culinary Festival di Banda Aceh, Saman Gayo Alas Festival di Gayo Lues, dan Aceh International Diving Festival di Sabang.

Baca juga: Agusen, Destinasi Wisata Populer di Gayo Lues

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin dalam portal resmi dinas tersebut, Kamis (14/2/2019) menyebutkan ketiga agenda wisata itu untuk menguatkan posisi Aceh sebagai destinasi wisata yang patut diunggulkan dan mampu menarik minat wisatawan mancanegara maupun wisatawan nusantara.

Baca juga: Menikmati Keindahan Danau Laut Tawar Aceh Tengah dari Dermaga Dedalu

Agenda lainnya, menurut Jamal, tahun ini tercatat seratusan agenda wisata tersebar di sejumlah kabupaten/kota di Aceh.

“Meski kalender tahunan kegiatan belum resmi diluncurkan, namun diperkirakan akan ada seratusan event wisata tahun ini digelar,” katanya.

Ikan Anemon bermain di kedalaman 10 meter di Rubiah Jetty Dive Spot, Pulau Weh, Sabang, (2/1/2016). Di lokasi taman karang seluas 500 meter persegi ini telah dibangun miniatur tugu kilometer nol bawah laut oleh Panglima Laot Iboh bersama warga setempat dan tim selam dari Scuba Weh Diving Center, Rubiah Tirta, dan Hore-Hore Dive Club (H2DC) Aceh. SERAMBI / M ANSHAR Ikan Anemon bermain di kedalaman 10 meter di Rubiah Jetty Dive Spot, Pulau Weh, Sabang, (2/1/2016). Di lokasi taman karang seluas 500 meter persegi ini telah dibangun miniatur tugu kilometer nol bawah laut oleh Panglima Laot Iboh bersama warga setempat dan tim selam dari Scuba Weh Diving Center, Rubiah Tirta, dan Hore-Hore Dive Club (H2DC) Aceh.
Seratus agenda wisata itu sudah disiapkan dan masih dikoordinasikan dengan sejumlah pihak seperti Pemkab/Pemko di Provinsi Aceh. “Untuk kalender wisata akan kita luncurkan secepatnya,” ungkapnya.

Dia berharap, tingkat kunjungan wisatawan asing dan nasional semakin meningkat dari tahun ke tahun di Aceh. “Semoga tahun ini pengunjung ke Aceh semakin yang banyak,” kata Jamal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com