Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Turis Indonesia Kedua Terbanyak di Singapura pada 2018

Kompas.com - 15/02/2019, 08:07 WIB
Silvita Agmasari,
I Made Asdhiana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Wisatawan asal Indonesia menduduki peringkat ke dua dari daftar wisatawan mancanegara terbanyak ke Singapura pada 2018, yang mencapai total 18,5 juta kunjungan wisatawan. 

Data dari Singapore Tourism Board (STB) mencatat ada 3,02 juta wisatawan Indonesia yang berkunjung sepanjang 2018. Jumlah tersebut naik 2 persen dibanding 2017.

Pada posisi pertama, ada wisatawan asal China dengan 3,42 juta wisatawan berkunjung sepanjang 2018. Kemudian pada posisi ke tiga ada India dengan 1,44 juta wisatawan sepanjang 2018.

Baca juga: Nastar Raksasa sampai Rasa Dendeng, 4 Kreasi Unik Nastar di Singapura

Sedangkan wisatawan Malaysia berada di posisi keempat dengan total 1,25 juta wisatawan dan wisatawan asal Australia ada 1,1 juta orang yang berkunjung ke Singapura.

"Pasar Indonesia masih tetap kuat di 2018 di tengah nilai tukar rupiah yang sempat bergejolak," kata Direktur Area STB untuk Indonesia, Raymond Lim dalam acara media gathering di Hotel Indonesia Kempinski, Kamis (14/2/2019).

Baca juga: Daripada Lewat Batam, Wisatawan Indonesia Pilih Langsung ke Singapura

Meskipun mata uang rupiah melemah pada 2018, nyatanya total belanja wisatawan Indonesia di Singapura naik sebanyak 8 persen, melampaui jumlah pertumbuhan wisatawan yang hanya 2 persen.

Pertumbuhan devisa pariwisata Singapura sepanjang 2018 mencapai 2,71 miliar dollar Singapura, dengan total pertumbuhan 1 persen dibanding 2018.

Lucky Plaza di Orchard Road, Singapura.KOMPAS.COM/FIRA ABDURACHMAN Lucky Plaza di Orchard Road, Singapura.
Wisatawan penyumbang devisa terbesar di Singapura secara berurutan terbanyak berasal dari China, Indonesia, India, Australia, dan Jepang.

Tidak disebutkan berapa jumlah pasti belanja wisatawan Indonesia di Singapura sehingga dapat menjadi urutan kedua tertinggi.

Tahun ini, Singapura menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara naik 1-4 persen dibanding 2018, sekitar 18,7 juta -19,2 juta wisatawan dengan target devisa di kisaran 27,3 juta - 27,9 juta dollar Singapura.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com