Jalan-jalan ke Labuan Bajo, Jangan Lupa Beli Selendang Songke

Kompas.com - 19/02/2019, 15:10 WIB
Pengunjung di antara tumpukan kain songke. Kompas.com/SHERLY PUSPITAPengunjung di antara tumpukan kain songke.

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Jika Anda tengah berlibur ke Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, jangan lupa membeli kain songke. Selain indah, kain songke juga memiliki peran penting dalam budaya masyarakat Manggarai.

Kain tenun khas Manggarai ini juga kerap disebut sebagai lipa atau towe.

Kain songke memiliki motif beragam dan sarat makna, diantaranya Wela Kawong, Ranggong atau laba-laba, Su’i, Wela Runu, Jok, Mata Manuk, dan masih banyak lagi.

Kain ini biasa digunakan oleh lakI-laki atau perempuan saat di rumah, menghadiri ritual adat dan acara penting lainnya, saat kelahiran dan pernikahan, bahkan sebagai kain kafan.

Ketika berkunjung ke Labuan Bajo Anda akan menemui banyak warga lokal dan toko-toko suvenir yang menjual kain songke ini.

Karena proses pembuatannya cukup lama, maka kain songke biasanya memiliki harga yang tinggi. Biasanya kain songke dijual dengan harga ratusan hingga jutaan rupiah.

Namun jangan khawatir, jika budget Anda tak cukup untuk membeli kain songke, selendang songke menjadi pilihan yang tepat unruk dijadikan suvenir.

Selendang songke khas Manggarai yang cocok dijadikan oleh-oleh.Kompas.com/SHERLY PUSPITA Selendang songke khas Manggarai yang cocok dijadikan oleh-oleh.
Selendang songke biasanya tak terlalu lebar namun panjang. Selendang ini cocok digunakan untuk pelengkap pakaian yang etnik. Selendang songke semacam ini banyak diburu wisatawan.

Berbagai motif cantik selendang songke akan membuatnya cocok dipadukan dengan pakaian sehari-hari Anda atau digunakan sebagai ikat kepala.

Tak hanya selendang, kain songke biasanya juga dijual setelah diaplikasikan pada sepatu, tas, gantungan kunci, hingga pakaian. Beragam variasi pengaplikasian kain songke ini cocok ada jadikan sebagai oleh-oleh.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X