Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Cap Go Meh, dan 5 Fakta Menarik Lainnya...

Kompas.com - Diperbarui 04/02/2023, 08:09 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

Sumber SCMP

JAKARTA, KOMPAS.com - Perayaan Cap Go Meh di Indonesia tidak kalah meriah dengan perayaan Imlek. Adapun Cap Go Meh 2023 akan jatuh pada Minggu (5/2/2023).

Salah satu lokasi perayaan Cap Go Meh yang terkenal adalah Kota Singkawang. Perayaan ini mampu menarik wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara.

Baca juga:

Uniknya penyebutan kata 'Cap Go Meh' sebenarnya populer di Indonesia, di negara lain seperti China, Taiwan, dan Singapura nama festival ini berbeda. Berikut adalah lima fakta seputar Cap Go Meh:

Fakta seputar Cap Go Meh

Salah satu sudut Kota Singkawang, Kalimantan Barat, yang dihias dengan lampion dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 tahun 2018.ARSIP PANITIA/EDO PAVO Salah satu sudut Kota Singkawang, Kalimantan Barat, yang dihias dengan lampion dalam perayaan Imlek dan Cap Go Meh 2569 tahun 2018.

1. Arti Cap Go Meh

Cap Go Meh diserap dari Bahasa Hokkian. 'Cap' berarti sepuluh, 'Go' berarti lima, sedangkan 'Meh' berarti malam. Penyebutan ini merujuk pada waktu penyelenggaraan acara yang diselenggarakan pada penanggalan 15 kalender China.

Di China, nama perayaan ini adalah Yuan Xiao atau Shang Yuan, sedangkan di Barat festival ini disebut Lantern Festival (Festival Lampion) atau Chinese Valentine's Day (hari Kasih Sayang versi China).

Baca juga:

2. Sejarah Cap Go Meh

Cap Go Meh diprediksi sudah dirayakan sejak 2.000 tahun lalu. Sejak zaman Dinasti Han (206 Sebelum Masehi-25 Masehi) ketika biksu Buddha harus membawa lentera untuk ritual indah.

Mereka kemudian menerbangkan lentera tersebut, sebagai simbol untuk melepas nasib lalu yang buruk dan menyambut nasib baik untuk masa mendatang. Inilah mengapa Cap Go Meh identik dengan lentera.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Sumber SCMP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com