Ke Mana Turis China Berlibur saat Libur Imlek?

Kompas.com - 21/02/2019, 08:04 WIB
Pemandangan kota Bangkok, Thailand di malam hari. NOVA DIENPemandangan kota Bangkok, Thailand di malam hari.

JAKARTA, KOMPAS.com - Imlek merupakan momen besar di China. Liburan panjang tahun baru China dimanfaatkan untuk berwisata ke luar negeri.

Gelombang wisatawan China pada Imlek 2019 tercatat paling banyak berkunjung ke Thailand. Situs pemesanan akomodasi, Airbnb mencatat ada kenaikan pemesanan 100 persen pada musim Imlek oleh wisatawan China.

"Terkenal akan keramahan, masyarakat Thailand semangat yang terdepan untuk wisata. Airbnb berfokus mempromosikan bentuk pariwisata yang lebih sehat yang bekerlanjutan. Memberdayakan komunitas masyarakat lokal Thailand dan membantu mendorong kegiatan ekonomi ke dalam komunitas dan lingkungan yang oleh tuan rumah kami disebut rumah," kata kepala kebijakan publik Airbnb Asia Tenggara Mich Goh.

 

Tren wisata wisatawan China juga tidak hanya di Bangkok, meskipun Bangkok masih menjadi tujuan utama. Saat ini wisatawan China banyak menjelajah kota sekunder seperti Chon Buri, Hua Hin, Rayong, Saraburi, dan Ayutthaya.

Airbnb juga mencatat 80 persen pemesan hotel adalah wisatawan China millennial, kelahiran 1980-1990. Wisatawan keluarga juga menjadi kunci penting, karena hampir 60 persen pemesanan yang dilakukan oleh tamu China saat Imlek adalah kelompok yang terdiri dari tiga orang wisatawan atau lebih.

Sedangkan aktivitas yang paling banyak dipesan di Airbnb oleh wisatawan China saat Imlek adalah adalah kelas memasak dan tur bersepeda di lingkungan yang terpencil.

Di seluruh dunia, wisatawan China tercatat melakukan perjalanan ke 1.048 kota di 111 negara dan wilayah selama liburan Tahun Baru Imlek.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X