5 Rekomendasi Destinasi untuk Liburan Akhir Pekan di Bandung

Kompas.com - 24/02/2019, 09:04 WIB
Sejumlah anak saat bermain di jembatan layang Teras Cihampelas Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017). Pemerintah Kota Bandung resmi memperkenalkan skywalk sekaligus ikon terbaru Kota Kembang itu pada Februari lalu dan diharapkan menjadi magnet bagi para pelancong, khususnya di kawasan sentra jins tersebut.KOMPAS.com/ANDREAS LUKAS ALTOBELI Sejumlah anak saat bermain di jembatan layang Teras Cihampelas Bandung, Jawa Barat, Kamis (9/11/2017). Pemerintah Kota Bandung resmi memperkenalkan skywalk sekaligus ikon terbaru Kota Kembang itu pada Februari lalu dan diharapkan menjadi magnet bagi para pelancong, khususnya di kawasan sentra jins tersebut.

 JAKARTA, KOMPAS.com - Bandung menjadi destinasi favorit warga Jabodebatek untuk ebrakhir pekan. Selain akses yang mudah, jarak yang cukup dekat, pilihan obyek wisata di Bandung juga beragam.

Jika punya bujet yag tipis, di Bandung ada banyak obeyk wisata dengan tiket murah bahkan gratis. Berikut adalah lima rekomendasi obeyk wisata murah untuk akhir pekan di Bandung sesuai rekomendasi Tiket.com.

Museum Konferensi Asia AfrikaKOMPAS.com/Reni Susanti Museum Konferensi Asia Afrika

1. Museum Konferensi Asia Afrika

Di museum ini, pengunjung dapat melihat memorabilia negara-negara di kawasan Asia dan Afrika dalam melawan penjajahan. Salah satu ruangan yang menjadi favorit para pengunjung, tentu saja ruang konferensi dengan deretan bangku dan mimbar, yang membuat seolah kita kembali pada saat penyelenggaraan Konferensi Asia Afrika di tahun 1955.

Cukup mengisi buku tamu dan tidak dipungut biaya, pengunjung bisa menjelajahi museum bersejarah ini sampai puas. Museum ini beralamat di Jalan Asia Afrika Nomor 65, Braga. Museum buka setiap hari dari pukul 09.00-16.00 WIB, kecuali Senin libur. .

2. Lapangan Alun-alun Bandung

Lapangan alun-alun terletak di pelataran Masjid Raya Bandung. Lapangan dengan rumput sintetis ini merupakan favorit warga dan wisatawan. Pengunjung bisa puas bermain dan berfoto di tempat ini. Tidak dipungut biaya untuk masuk ke dalamnya, tapi segala jenis alas kaki seperti sandal dan sepatu wajib dilepas.

Bunga berwarna-warni menghampar di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana. Taman tersebut resmi dibuka untuk umum mulai hari ini, Selasa (19/12/2017).KOMPAS.com/DENDI RAMDHANI Bunga berwarna-warni menghampar di Taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukancana. Taman tersebut resmi dibuka untuk umum mulai hari ini, Selasa (19/12/2017).
3. Taman Tematik

Taman Tematik terletak di kawasan Balai Kota Bandung, terdapat aneka taman tematik dengan aneka fasilitas yang menarik. Ada beberapa taman di kawasan ini, yaitu Taman Sejarah, Taman Labirin, Taman Badak dan Taman Dewi Sartika.

Hal yang menarik, di kawasan ini terdapat kolam dangkal dengan air yang jernih dan bersih, dan pastinya menjadi favorit anak-anak untuk bermain. Selain itu, taman-taman ini juga dilengkapi dengan free Wi-fi.

4. Teras Cihampelas

Jika ingin membeli aneka suvenir atau mencicipi aneka kuliner lezat khas Bandung, bisa ditemukan di Teras Cihampelas. Teras Cihampelas memang difungsikan untuk menampung para pedagang kaki lima yang sebelumnya berjualan di pinggir jalan.

Skybridge yang membentang di atas jalan Cihampelas ini, juga memiliki aneka spot foto yang menarik. Di beberapa spot juga terdapat live music dari para musisi jalanan yang kreatif. Beberapa kafe dan toko di sepanjang jalan Cihampelas juga sudah membuka akses agar dapat langsung di masuki dari Teras Cihampelas.

Warga Kota Bandung mengunjungi wahana edukasi dan bermain Teras Cikapundung di Babakan Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/1). Ruang publik yang baru diresmikan dua hari tersebut memiliki konsep urban dan ekologi di tepian Sungai Cikapundung yang baru dinormalisasi.KOMPAS/LUCKY PRANSISKA Warga Kota Bandung mengunjungi wahana edukasi dan bermain Teras Cikapundung di Babakan Siliwangi, Kota Bandung, Jawa Barat, Sabtu (2/1). Ruang publik yang baru diresmikan dua hari tersebut memiliki konsep urban dan ekologi di tepian Sungai Cikapundung yang baru dinormalisasi.
5. Hutan Kota Babakan Siliwangi

Bagi pengunjungan yang ingin menghirup udara segar dan menjauhkan diri dari kebisingan, bisa datang ke hutan kota ini. Di hutan kota ini, terdapat skybridge yang membentang di sepanjang area hutan yang memudahkan pengunjung untuk menjelajahi kawasan ini.

Area parkirnya cukup luas, dan tidak perlu khawatir jika tidak membawa kendaraan pribadi karena area ini juga dilewati oleh kendaraan umum.

Selain kawasan di atas, sebetulnya masih banyak obyek wisata menarik di Bandung yang dapat diakses oleh wisatawan. Ada Museum Gedung Sate, Bandung Planning Gallety, Teras Cikapundung dan masih banyak lagi.

 




Close Ads X