5 Tips Berwisata ke Kawah Wurung Bondowoso pada Musim Hujan

Kompas.com - 25/02/2019, 19:06 WIB
Kawah Wurung, Bondowoso yang menyajikan keindahan panorama Pergunungan Ijen dan padang sabana. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaKawah Wurung, Bondowoso yang menyajikan keindahan panorama Pergunungan Ijen dan padang sabana.

BONDOWOSO, KOMPAS.com – Padang sabana atau padang rumput tidak hanya ada di Afrika. Keindahan padang sabana ternyata juga dimiliki oleh Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Hamparan sabana itu tepatnya ada di Kawah Wurung. Destinasi ini terletak tidak jauh dari Kawah Ijen yang terkenal dengan api biru-nya. Kawah Wurung bisa ditempuh dari Bondowoso atau Banyuwangi.

Baca juga: Menyambangi Indahnya Hamparan Sabana Indonesia di Kawah Wurung

Pesona keindahan Kawah Wurung tidak kalah dengan Kawah Ijen. Jika kawah Ijen menawarkan keunikan blue fire, maka Kawah Wurung menuyajikan pesona hamparan sabana yang memesona.

Jika berkunjung ke Kawah Wurung pada musim hujan, ini dia 5 tipsnya:

1. Datang Pagi Hari

Ketika musim hujan, kemungkinan cuaca masih cerah di pagi hari. Biasanya hujan akan turun pada siang atau sore. Oleh karena itu, lebih baik jika kunjungan ke Kawah Wurung dilakukan di pagi hari.

Selain itu, ketika berangkat pagi maka kemungkinan pulang kemalaman akan kecil. Terutama mereka yang datang dari arah Bondowoso, melewati medan perbukitan akan lebih aman jika dilakukan ketika hari terang.

Jika kemalaman, maka kondisinya akan cukup membahayakan. Selain jalannya berkelok melewati perbukitan dan hutan, kondisinya juga akan semakin menyulitkan jika dilalui ketika turun hujan.

2. Bersiap Melewati Jalan Becek dan Licin

Menjelang sampai Kawah Wurung, kondisi jalan belum terlalu bagus. Bahkan selepas perkampungan terakhir, jalan hanya berupa tanah dan bebatuan saja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X