Lewat Kafe, Kakak Beradik Ini Ajak Millenial Kenal Kekayaan Indonesia

Kompas.com - 27/02/2019, 09:05 WIB
Kafe Tantular sajikan menu seluruhnya kuliner asli nusantara (kompas.com/MICO DESRIANTO)Kafe Tantular sajikan menu seluruhnya kuliner asli nusantara
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Tak sulit menemukan kafe yang menyajikan menu dengan makanan luar negeri, sebut saja pizza sebagai makanan khas Italia, kopi khas Vietnam, dan Hamburger dari Jerman.

Namun ketika menyinggung kafe kekinian dengan menu semuanya khas Indonesia, apalagi ada di satu tempat masih sangat jarang.

Nah, stigma tersebut coba dipatahkan kedua kakak beradik bernama Kyle Kusumo (20) dan Kane Kusumo (18). Lewat bisnis kafe bernama Tantular, mereka coba menyajikan makanan nusantara dalam satu tempat. Latar kafe pun disesuaikan dengan selera millenial.

“Selama ini kafe yang ada di kota-kota besar seperti Jakarta mayoritas menyajikan menu ala western. Di sini, kami berdua ingin melawan arus dengan menghadirkan kafe berkonsep dan menu semuanya dari kekayaan Indonesia,” ujar Kyle saat ditemui Kompas.com, Sabtu (23/2/2019).

Beberapa menu yang disediakan di kafe itu adalah Bubur Manado, Soto Kwali, dan Pecel Keraton. Semuanya disulap menjadi sajian dengan tampilan yang memanjakan mata.

Kompas.com, sempat mencicipi Soto Kwali yang disediakan di kafe tersebut. Soto disajikan pada sebuah mangkuk. Sajian dan tampilannya sederhana.

Soto Kwali merupakan makanan khas Surakarta. Sesuai namanya, makanan ini dimasak dengan menggunakan kuali tanah liat.

Isi dalam semangkuk soto adalah potongan daging sapi, dan sayur toge lalu disiram dengan kuah kaldu sapi bening yang sudah dibumbui beberapa rempah. Pemesan boleh juga minta nasi dengan pilihan dicapur atau dipisah dalam piring lainnya.  Rasanya gurih dan segar. Tekstur dagingnya lembut, taugenya garing. Cukup membuat mulut ingin terus mengunyah.

Kalau di Solo, ada istilah rugi kalau tak mencicipi Soto Kwali. Nah, sekarang tak perlu jauh-jauh datang ke tempat asal karena kafe tersebut sudah menyediakan menu sama dengan cita rasa otentik karena kokinya didatangkan langsung dari tempat asalnya.

“Kami mendatangkan beberapa koki dari tempat asal menu khas tersebut. (Untuk) menu Soto Kwali (misalnya), dibuat oleh koki yang kami datangkan dari Solo langsung,” lanjut Kyle.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X