5 Sajian khas Vietnam yang Mendunia dan Bisa Ditemui di Indonesia

Kompas.com - 27/02/2019, 16:10 WIB
Pho mie beras putih khas Vietnam. Dok.Grub Street Pho mie beras putih khas Vietnam.

KOMPAS.com - Kuliner Vietnam terbilang menarik untuk ditilik dan dijajal. Sebagai negara bekas koloni Perancis, budaya kuliner Vietnam banyak dipengaruhi Perancis. Namun alih-alih menyerap persis makanan Perancis, warga Vietnam melahirkan makanan baru perpaduan timur dan barat.

Selain itu diaspora Vietnam di dunia juga aktif memperkenalkan kekayaan kuliner dengan membuka banyak restoran. Jadi tak heran saat berkunjung ke negara-negara di luar Vietnam, mencari makanan khas negara tersebut sebenarnya sangat mudah.

Seperti di Indonesia, ada banyak restoran Vietnam. Rata-rata menjual sajian terkenal dari Vietnam. Berikut lima sajian yang terdiri dari makanan dan minuman terkenal dari Vietnam:

1. Pho

Pho merupakan salah satu makanan paling terkenal dari Vietnam. Berupa mie dari tepung beras yang kemudian disiram dengan kuah kaldu sapi bening dan diberi toping irisan daging sapi tipis. Untuk menyeimbangkan rasa kaldu sapi, pho disantap dengan irisan jeruk nipis dan daun ketumbar yang memberi sensasi aromatik.

Pho disebutkan ada jauh sebelum masa penjajahan Perancis di Vietnam. Namun perkembangan pho modern menggunakan daging sapi berkaitan dengan budaya Perancis pada abad ke 20. Kala itu di Vietnam ada banyak sapi lantaran permintaan orang Perancis yang gemar makan sapi.

Bun Bo Xao, Bun Cha (mie bihun) dengan tumis daging sapi dengan bumbu sereh dari restoran Do An. Bun Bo Xao, Bun Cha (mie bihun) dengan tumis daging sapi dengan bumbu sereh dari restoran Do An.

2. Bun Cha

Ada pho mie beras kaldu sapi yang disajikan hangat, maka ada bun cha yang disajikan dalam suhu ruang. Bun cha pada dasarnya juga mie tepung beras sama seperti pho. Bedanya jika pho dicelupkan bersama kuah kaldu sapi, bun cha tidak.

Penyajian bun cha biasa menggunakan keranjang kecil. Disajikan di aneka ragam panggangan, bisa daging sapi, ayam, atau di Vietnam populernya daging babi. Untuk makan bun cha, disandingkan dengan saus basis kecap ikan Nouc Mam. Cara makannya daging dan mie bisa dicocol ke saus atau dicampur jadi satu, sesuai selera.

Bahn Mi, roti isi khas Vietnam. Dok.Migrationology Bahn Mi, roti isi khas Vietnam.

3. Bahn Mi

Salah satu makanan unik dari Vietnam karena dari penampakannya saja terlihat makanan ini terinspirasi dari Perancis. Bahn Mie adalah roti baguette atau roti panjang yang terbuat dari tepung beras dan tepung terigu.

Bedanya orang Vietnam mengisi bahn mie dengan aneka suwiran daging dan sayuran. Sayuran ini yang membuat unik, karena bahn mie biasa berisi daun ketumbar, wortel, daikon, timun, acar, dan lobak putih. Kemudian disiram saus pedas seperti sambal, irisan cabai, atau bisa juga kecap ikan.

Goi cuon lumpia khas Vietnam. Dok.Cooky.vn Goi cuon lumpia khas Vietnam.

4. Goi Cuon

Alias lumpia khas Vietnam. Beda dengan lumpia Indonesia, lumpia Vietnam biasanya memiliki kulit transparan, terbuat dari tepung beras yang dikukus. Kulit ini lantas diisi dengan hidangan laut seperti udang, sayuran, dan yang harus ada adalah daun ketumbar.

Menyantap goi cuon biasanya dicocol dnegan saus kecap ikan. Goi cuon biasa dijadikan makanan pembuka, baik di restoran kaki lima sampai restoran fine dining.

Kopi vietnam dijual sejak kasus Mirna mencuat di publikYOSIAMARGARETTA/KOMPAS.COM Kopi vietnam dijual sejak kasus Mirna mencuat di publik

5. Kopi Vietnam

Kopi vietnam punya banyak nama, mulai dari istilah Bahasa Inggris Vietnamese Drip Coffee atau nama aslinya ca phe sua da, disingkat jadi cafe da.

Ciri khas kopi vietnam adalah penggunaan cangkir tetes di bagian atas, untuk menyaring ampas kopi agar tidak jatuh ke dasar gelas. Kemudian penggunaan susu kental manis yang loyal, hingga menimbulkan rasa karamel pada saat kopi diminum.

Kopi Vietnam bisa diminum dalam kondisi hangat atau dingin. Asal usul kopi vietnam juga tak luput dari andil Perancis. Kopi dibawa Perancis ke Vietnam sekitar tahun 1850-an.

Begitu pula dengan budaya minum susu. Susu kental manis berperan menetralisir rasa pahit dari biji kopi yang dipanggang sampai gosong.



Close Ads X