Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tips “River Tubing” Seru di Kalipringkuning, Karanganyar

Kompas.com - 27/02/2019, 22:00 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KARANGANYAR, KOMPAS.com – Mengisi liburan dengan melakukan river tubing merupakan salah satu pilihan aktivitas wisata yang tepat. Salah satu lokasi melakukannya ada di Kalipringkuning, Karanganyar.

Meski sungainya kecil, river tubing di Kalipringkuning menawarkan pengalaman yang seru dan mendebarkan. Sungainya memang kecil, tetapi aliran airnya cukup deras dan banyak jeram. Selain itu, air khas pergunungan di sana juga begitu sejuk.

Agar river tubing di Kalipringkuning, Karanganyar semakin seru, ikuti 5 tips berikut ini:

1 Datang Pagi

Kalipringkuning mulai buka pukul 09.00 WIB. Lebih baik untuk menikmati keseruan river tubing ketika hari masih pagi. Hal itu salah satunya dikarenakan air sungai masih begitu dingin di pagi hari.

Baca juga: Ide Liburan! Menikmati Kesejukan dan Kesegaran Air Terjun Jumog

Selain itu, saat hari libur biasanya banyak wisatawan yang ingin menikmati keseruan river tubing di Kalipringkuning ini. Jika datang siang, maka kemungkinan besar harus mengantre untuk sampai giliran.

Saat musim hujan, cuaca juga kemungkinan masih cerah di pagi hari. River tubing pun bisa dinikmati dengan leluasa. Jika hujan lebat, sungai bisa banjir sehingga kemungkinan Kalipringkuning akan tutup sementara.

2 Lakukan Reservasi Terlebih Dahulu

Peserta river tubing di Kalipringkuning, Karanganyar sebelum berangkat.River Tubing Kalipringkuning Peserta river tubing di Kalipringkuning, Karanganyar sebelum berangkat.
Agar pasti mendapat giliran, lebih baik untuk melakukan pemesanan atau reservasi beberapa hari sebelum datang ke Kalipringkuning. Pemesanan bisa dilakukan melalui kontak yang dicantumkan di akun Instagram @Kalipringkuning.

Tentu siapa pun tidak ingin kalau sudah jauh-jauh menempuh perjalanan jauh, tetapi tidak mendapat giliran River Tubing di Kalipringkuning karena ada rombongan lain yang sudah melakukan reservasi.

Baca juga: Merengkuh Sunyi dan Tenang di Candi Kethek Karanganyar

Jika sudah memesan, maka jangan lupa untuk melakukan konfirmasi maksimal H-1. Usahakan pula datang tepat waktu supaya rombongan lain tidak menunggu lebih lama lagi.

Akan lebih baik pula kalau turut menyampaikan jika ada anggota rombongan yang memiliki berat atau ukuran badan lebih ketika memesan. Hal itu dilakukan agar pengelola bisa menyiapkan perlengkapan khusus yang lebih besar dari biasanya.

3 Datang ketika Cuaca Cerah di Musim Penghujan

Salah satu peserta river tubing terjatuh ketika melewati jeram.River Tubing Kalipringkuning Salah satu peserta river tubing terjatuh ketika melewati jeram.
Kalipringkuning paling pas untuk aktivitas river tubing ketika musim hujan karena debit yang lebih banyak. Walau begitu, pengelola harus membendung sungai terlebih dahulu dan baru membuka bendungan ketika peserta river tubing siap berangkat.

Baca juga: “River Tubing” di Kalipringkuning, Seru dan Mendebarkan!

Hal itu dikarenakan arus normal sungai tidaklah deras sehingga air harus dibendung agar arusnya deras ketika bendungan dibuka. Saat musim hujan, air yang terkumpul di bendungan akan siap lebih cepat sehingga peserta bisa segera diberangkatkan.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com