5 Fakta Seputar Makan Malam Donald Trump dan Kim Jong Un di Vietnam

Kompas.com - 28/02/2019, 15:09 WIB
Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un duduk bersama bersama perwakilan lain dari masing-masing negara untuk makan malam di Hotel Sofitel Legend Metropole di Hanoi, Vietnam (27/2/2019). (AFP/SAUL LOEB). Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un duduk bersama bersama perwakilan lain dari masing-masing negara untuk makan malam di Hotel Sofitel Legend Metropole di Hanoi, Vietnam (27/2/2019). (AFP/SAUL LOEB).

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Donald Trump dan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un makan malam bersama di Hotel Metropole Hanoi, Rabu (27/2/2019).

Selain hasil pertemuan kedua kepala negara ini, hal lain yang menarik untuk disimak adalah makanan yang disantap saat makan malam bersama.

Baca juga: Burger Khusus Trump dan Jong-un Dijual di Hanoi

Sudah lama diketahu bahwa dalam pertemuan tingkat tinggi, makanan adalah salah satu cara untuk berdiplomasi. Berikut adalah lima fakta seputar makan malam Donald Trump dan Kim Joun Un di Vietnam:

1. Menu diberikan dekat waktu makan malam

Tim pertemuan tingkat tinggi dari AS dan Korea Utara memberikan menu kepada Hotel Metropole beberapa jam sebelum pertemuan. Gedung Putih atau tim dari Amerika Serikat disebutkan berulang kali menyesuaikan menu agar dapat dibuat sangat sederhana.

2. Menu sangat sedergana

Menu makanan terbilang sangat sederhana untuk pertemuan dua orang kepala negara. Terdiri dari makanan pembuka berupa salad sayur dengan udang yang diberi saus Thousand Island, perasan lemon, dan irisan alpukat.

Untuk makanan pembuka ada steak sirloin disajikan dengan buah pir yang diisi kimchi atau sayuran fermentasi di dalamnya. Untuk makanan penutup yang disajikan adalah kue lava cokelat, yang lumer ketika dibelah disajikan dengan es krim vanilla dan buah beri segar.

3. Menu Makanan Western

Banyak yang menduga menu makanan dibuat lebih condong ke western lantaran Donald Trump sebenarnya pemilih makanan. Ia terbiasa makan makanan cepat saji ala barat.

Pilihan makanan Trump sempat disorot, khususnya ketika bertemu Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe di Jepang pada 2017. Alih-alih menyantap makanan Jepang, ia malah memilih makan burger.

4. Tidak Ada Minuman Alkohol

Dalam pertemuan bersama Kim Jong Un, tidak disajikan minuman beralkohol. Sebagai ganti yang disajikan adalah koktail dari buah kesemek kering.

Trump diketahui sangat menjaga kadar alkohol dalam minuman. Sebaliknya Kim Jong Un sebenarnya terkenal sebagai pecinta minuman beralkohol dengan pilihan minuman yang sangat beragam.

5. Tidak Ada Makanan Vietnam

Meskipun keduanya sedang berada di Vietnam, makan malam tersebut tidak menyajikan makanan tuan rumah. Namun makanan Vietnam disajikan saat Perdana Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc menjamu Trump.

Hidangan terdiri dari lumpia goreng, salad mangga, kepiting, dan ikan goreng cha ca. Untuk penutup ada pencuci mulut hangat dari buah dan jamur.



Close Ads X