Kompas.com - 01/03/2019, 10:20 WIB

KARANGANYAR, KOMPAS.com – Wilayah Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah yang berada di Lerang Gunung Lawu memang memiliki banyak obyek wisata. Mulai wisata alam seperti air terjun dan wisata buatan di Kebun Teh Kemuning.

Baca juga: Ide Liburan! Menikmati Kesejukan dan Kesegaran Air Terjun Jumog

Salah satu tujuan wisata favorit di Karanganyar adalah air Terjun Jumog. Lokasi Air Terjun Jumog ada di Desa Berjo, Kecamatan Ngargoyoso, Karanganyar. Jarak tempuh dari Kota Karanganyar adalah sekitar 23 kilometer.

Dengan waktu tempuh yang hanya kurang-lebih 40 menit saja, Air Terjun Jumog menjadi objek wisata favorit wisatawan. Ketika hari libur, banyak orang yang berkunjung ke air terjun eksotis di lereng Gunung Lawu ini.

Jika berkunjung ke Air Terjun Jumog Karanganyar, berikut adalah 3 aktivitas menarik yang bisa dilakukan:

1. Menikmati Keindahan dan Suasana Air Terjun

Tentu air terjun menjadi atraksi wisata utama di sini. Kebanyakan orang yang datang jelas ingin menyaksikan sendiri bagaimana indahnya Air Terjun Jumog. Hal itu wajar karena obyek wisata ini benar-benar menyuguhkan panorama yang indah.

Baca juga: “River Tubing” di Kalipringkuning, Seru dan Mendebarkan!

Sejuknya udara gunung cocok bagi mereka yang ingin sejenak melupakan bagaimana udara panas di perkotaan. Air terjun yang berasal dari gunung pun terasa dingin dan menyegarkan ketika disentuh.

Hanya duduk diam sembari menyaksikan keindahan air terjun yang dikelilingi tumbuhan hijau sudah mampu menghadirkan nuansa relaksasi yang begitu nyaman. Tidak ketinggalan, suara air terjun juga begitu merdu untuk didengar.

2. Mandi Kolam Renang atau di Air Terjun

Wisatawan sedang menikmati suasana di bawah aliran Air Terjun JumogKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Wisatawan sedang menikmati suasana di bawah aliran Air Terjun Jumog

Rasanya belum sah berwisata ke air terjun jika tidak berbasah-basahan. Begitu juga kalau berwisata ke Air Terjun Jumog. Obyek wisata ini juga cocok digunakan untuk bermain air karena alirannya yang tidak terlalu deras.

Baca juga: Mengenal Berbagai Tanaman Wangi di Rumah Atsiri Karanganyar

Wisatawan bisa bermain air di bawah air terjun atau di aliran sungainya. Anak-anak hingga dewasa bisa bermain air di sekitar air terjun. Namun tetap saja siapa pun yang bermain air harus berhati-hati. Ada beberapa batu yang licin ketika ditapaki.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.