Kompas.com - 01/03/2019, 17:11 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com – Tanggal 1 Maret merupakan hari paling bersejarah bagi Pemadam Kebakaran Nasional Indonesia yang dulu dikenal dengan nama Brandweer.

Pada 1 Maret 1919, Branweer resmi dibentuk. Itu artinya, hari ini, Kamis (1/3/2019) Pemadam Kebakaran Nasional Indonesia genap berusia 1 abad.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta telah membangun Museum Pemadam Kebakaran pada 1 Maret 2015 di kawasan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Tak hanya sebagai museum pertama, hingga saat ini Museum Damkar di TMII juga disebut sebagai satu-satunya museum pemadam kebakaran di Indonesia.

Museum ini terletak di dekat pintu TMII dan menjadi satu dengan Pos Pemadam Kebakaran Sektor 9 Taman Mini Indonesia Indah yang aktif beroperasi.

Petugas pemadam kebakaran Sektor 9 TMII, Aji Saputra, mengatakan sebagian koleksi museum milik Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Provinsi DKI Jakarta yang mulai dikumpulkan sejak 5 tahun lalu.

Hari ini Kompas.com berkesempatan menyambangi museum Damkar tersebut. Saya tak dikenakan biaya untuk dapat masuk ke dalam museum. Kami hanya perlu membayar tiket masuk kawasan TMII sebesar Rp 20.000.

Untuk menuju museum kami menumpang kereta kelinci yang biasa digunakan pengunjung TMII untuk berkeliling kawasan. Tarifnya Rp 10.000 per orang.

Dari luar museum ini tampak seperti pos pemadam kebakaran pada umumnya. Merah dan biru menjadi warna dominan dari bangunan dua lantai tersebut. Sejumlah kendaraan pemadam kebakaran tampak terparkir di halaman museum.

Pintu masuk Museum Damkar yang ada di kawasan TMII, Jakarta Timur, Kamis (1/3/2019).Kompas.com/SHERLY PUSPITA Pintu masuk Museum Damkar yang ada di kawasan TMII, Jakarta Timur, Kamis (1/3/2019).
Salah satu kendaraan pemadam yang menarik perhatian saya adalah sebuah mobil berwarna merah yang memiliki tanki besar di belakangnya namun tak memiliki atap. Ternyata mobil itu adalah salah satu koleksi museum.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.