Di Bengkulu, Sebuah Restoran Tawarkan Makan Seafood Mulai Rp 30.000

Kompas.com - 02/03/2019, 15:08 WIB
Wisatawan menikmati kuliner Seafood Beserak di Rumah Makan Dapur Perahu, Bengkulu.KOMPAS.com / FIRMANSYAH Wisatawan menikmati kuliner Seafood Beserak di Rumah Makan Dapur Perahu, Bengkulu.


BENGKULU, KOMPAS.com - Geliat wisata di Provinsi Bengkulu semakin berdetak keras, hal ini ditandai tingginya penggunaan transportasi udara, menjamurnya pertumbuhan hotel, hingga kuliner. Kuliner " Seafood Beserak" merupakan sebuah hidangan andalan baru dan kekinian di Kota Bengkulu.

Wisatawan bisa menemukan kuliner "Seafood Beserak" di Restoran Dapur Perahu beralamat di Jalan Bencoolen Pasar Bengkulu, Pantai Jakat, Kota Bengkulu. Tak sulit menemukan alamat restoran ini, ia berada di kawasan obyek Wisata Pantai Jakat, Kota Bengkulu.

Anda tak perlu khawatir dengan nama Restoran Dapur Perahu seperti terkesan mahal menunya. Namun jangan salah, restoran ini justru diklaim merupakan restoran termurah di Kota Bengkulu.

"Jangan khawatir, menu makan seafood kami murah dan tidak mahal," kata Raenandi owner Restoran Dapur Perahu.

Ia bersama manajernya Deffri, menyebutkan konsep restoran yang mereka kelola yakni mengenalkan makanan seafood untuk semua kalangan. Selama ini menurutnya seafood seolah menjadi makanan kaum elit, masyarakat kaya. Padahal, seafood harus menjadi makanan semua kalangan.

"Kami memiliki semangat agar makanan seafood dapat dinikmati semua kalangan, ia menjadi makanan murah dan terjangkau," jelasnya.

Suasana di luar Restoran Dapur PerahuKOMPAS.COM/FIRMANSYAH Suasana di luar Restoran Dapur Perahu
Mencoba "Seafood Beserak"

Ada banyak menu pilihan makanan di Dapur Perahu. Kompas.com memilih menu "Seafood Beserak". Dalam bahasa Bengkulu artinya "Seafood berhamburan, berserakan".

Tak lama menunggu koki memasak menu pesanan Kompas.com. Sekitar 10 menit satu panci besar dibawa dari dapur. Panci tersebut berisikan lobster, rajungan, kerang hijau dan dara, cumi. Makanan laut tersebut diramu dengan bumbu saus pedas.

Uniknya, cara makan "Seafood Beserak" tidak menggunakan piring, tetapi seluruh makanan itu dihamparkan di atas meja yang sebelumnya dilapisi dengan kertas semacam kertas plano.

Semua makanan laut itu sungguh menggugah selera. Pilihan pertama mengunya lobster adalah pilihan tepat. Setidaknya terdapat 6 hingga 7 ekor lobster yang dibelah dua terhidang.

Kerang hijau, kerang dara juga gurita juga tak kalah menggoda untuk dinikmati. Benar saja, diakhir makan besar itu, meja makan menjadi berantakan dari kulit kerang, kulit lobster dan makanan laut lainnya.

"Ini makanan yang seru harganya murah, paket hanya seharga Rp 180.000 sudah bisa dinikmati oleh 6 orang," kata Phesi pengunjung.

Wisatawan menikmati kuliner Seafood Beserak di Rumah Makan Dapur Perahu, Bengkulu.KOMPAS.com / FIRMANSYAH Wisatawan menikmati kuliner Seafood Beserak di Rumah Makan Dapur Perahu, Bengkulu.

Phesi menyebut, bila memesan "Seafood Beserak" jangan coba-coba makan sendirian karena itu diperuntukkan untuk 6 orang.

"Jadi kalau mengeluarkan uang Rp 180.000 pesan menu "Seafood Beserak" untuk 6 orang saya rasa, ini super murah untuk makanan sekelas seafood," jelasnya.

Makan seafood lain juga beragam harga. Harga termurah Rp 30.000.

Defri menyebutkan restoran baru berjalan selama dua bulan. Peminat dari masyarakat cukup tinggi. Dalam satu pekan mereka menghabiskan 120 kilogram hingga 150 kilogram lobster, rajungan, gurita, kepiting, juga kerang hijau dan dara.

"Kami tutup setiap hari Senin. Selebihnya kami selalu buka pada jelang makan siang, dan malam hingga pukul 22.00 WIB," jelas Deffri.

Ia mengatakan, makan di restorannya akan terasa seru pada saat sore hari sambil menikmati sunset di tepi laut.



Close Ads X