Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini 3 Kiat Mencari Tiket Mudik Kereta Api

Kompas.com - 05/03/2019, 14:00 WIB
Vitorio Mantalean,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Minat masyarakat untuk mudik menggunakan kereta api diklaim terus tumbuh, termasuk pada tahun ini. Berdasarkan pantauan Kereta Api Indonesia (KAI), sejak dibukanya penjualan keberangkatan pada 25 Februari 2019 alias 10 hari jelang long weekend pekan ini.

Secara total KAI telah menjual 207 ribu tiket atau 24 persen dari total ketersediaan tiket. Tiket yang habis terjual adalah tiket untuk tanggal dan rute keberangkatan favorit.

Rute-rute keberangkatan yang menjadi favorit masyarakat antara lain rute Stasiun Pasar Senen dan Gambir menuju Tegal, Semarang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo, Surabaya, dan Malang.

Bagi Anda yang hendak mudik menggunakan kereta api, baik pada long weekend nanti maupun Lebaran mendatang, berikut sejumlah tips mencari tiket versi KAI:

1. Cari rute alternatif

Jika tiket yang Anda inginkan habis, Anda bisa cari rute alternatif. Misalnya jika rute Jakarta menuju Solo habis, Anda bisa memesan jalur Jakarta – Bandung terlebih dahulu, lalu diteruskan dari Bandung menuju Solo yang relatif masih banyak.

Bisa juga menggunakan kereta persambungan, misalnya dari Jakarta - Cirebon lalu Cirebon – Solo. Pastikan waktu antarkereta tidak telalu dekat agar tidak tertinggal jadwal kereta lanjutan. Selain itu, coba sesuaikan tanggal bepergian Anda untuk menghindari keberangkatan di tanggal-tanggal favorit.

2. Periksa ketersediaan tiket secara berkala

KAI menyediakan layanan pembatalan dan pengubahan jadwal baik di stasiun maupun di aplikasi KAI Access untuk memberikan kemudahan kepada penumpang KA.

Oleh sebab itu, apabila ada tiket yang dibatalkan atau diubah jadwalnya, maka tiket lama tadi akan muncul kembali ke sistem ticketing untuk dijual ulang kepada masyarakat melalui seluruh kanal penjualan tiket KAI.

3. Nantikan penjualan tiket tambahan

Anda juga bisa membeli tiket KA Tambahan yang akan dijual oleh KAI pada H-60 Lebaran. KAI menyediakan 50 KA Tambahan Lebaran 2019 yang terdiri dari 27 KA Eksekutif & Bisnis, 11 KA Ekonomi Non PSO, 4 KA Ekonomi PSO, dan 8 KA yang memanfaatkan rangkaian idle.

"KAI juga mengimbau kepada masyarakat agar membeli tiket Lebaran di channel resmi KAI atau mitra resmi yang telah bekerja sama dengan KAI. Tujuannya untuk menghindari penipuan atau biaya jasa yang tidak wajar,” ungkap Vice President Public Relations PT. KAI Agus Komarudin, dalam siaran pers yang diterima KompasTravel Senin (4/3/2019).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com