Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Menikmati Keheningan Nyepi di Radha Phala Ubud

Kompas.com - 05/03/2019, 16:04 WIB
Ni Luh Made Pertiwi F,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Menepi sejenak dan seakan menyatu dengan alam saat perayaan Nyepi tiba. Malam hari begitu gelap karena lampu dan penerangan lainnya tak boleh dinyalakan. Inilah momen tepat untuk menikmati langit penuh bintang, tampak jelas saat cuaca cerah dan tanpa polusi sinar.

Sekitar satu dekade yang lalu, wisatawan biasanya tak datang ke Bali saat Nyepi. Namun beberapa tahun belakangan, wisatawan sengaja datang ke Bali saat Nyepi untuk merasakan keheningan seharian. Turis datang untuk bisa merasakan satu hari penuh tanpa listrik, dalam kegelapan, dan keheningan.

Inilah momen langka karena satu-satunya di dunia dan hanya terjadi di Bali. Beberapa hotel pun melirik hal ini dengan membuat paket wisata Nyepi. Umumnya paket berupa menginap, sarapan, makan siang, dan makan malam.

Jika Anda ingin mendapatkan suasana Bali yang tidak terlalu ramai dan ketika Nyepi tiba, suasana gelap khas pedesaan masih terasa, maka bisa pilih penginapan di Ubud. Secara lokasi, Ubud terbilang di tengah-tengah Bali, sehingga mudah untuk berpergian ke daerah-daerah lain.

Misalnya seperti Radha Phala yang berada di Desa Kumbuh, Ubud. Jika ada yang bilang Ubud sudah ramai, nyatanya ada beberapa desa yang masih menawarkan keasriannya. Radha Phala berada tepat di tengah-tengah persawahan. Jadi keluar dari area hotel, maka pemandangan yang dominan adalah sawah serta rumah-rumah warga setempat.

Bangunan dengan konsep cottage tersebut memungkinkan area luar ruangan hadir dalam ukuran yang luas. Jadi saat malam hari Nyepi, keluarlah sejenak. Di saat langit cerah dan karena sekelilingnya begitu gelap, bintang-bintang tampak begitu banyak dan terlihat jelas.

Untuk paket Nyepi, menurut Ketut Sumartono dari Radha Phala Resort, paket yang ditawarkan adalah Rp 2,1 juta sudah termasuk dua malam menginap di Super Deluxe Room, set menu makan siang dan set menu makan malam saat 7 Maret 2019, serta afternoon tea. Paket berlaku untuk menginap pada tanggal 6-8 Maret 2019.

"Paket Nyepi ini sudah ada dari tiga tahun lalu. Hotel kami baru tiga tahun," ungkap Ketut kepada KompasTravel.

Fasilitas hotel

Radha Phala Resort juga menyediakan berbagai aktivitas budaya khas Bali. Ini cocok untuk tamu yang ingin menyelami budaya Bali lebih dalam. Misalnya aktivitas belajar menari tari tradisional Bali, aktivitas gamelan Bali, serta belajar Mejejaitan atau membuat sajen khas Bali. Pilihan lain yang tak kalah seru adalah kelas memasak masakan Bali dan trekking ke pedesaan.

Radha Phala UbudDok. Radha Phala Radha Phala Ubud

Ada 24 kamar tipe super deluxe yang tersedia di resor ini. Tersedia pula kamar yang saling terhubung sehingga cocok untuk tamu keluarga maupun kelompok. Desain cottage dominan dengan bebatuan alam dan kayu, serta atap rotan dan membuat setiap kamar nuansanya begitu alami dan hangat.

Setiap kamar dilengkapi kamar mandi dengan bathtub dan shower. Ada pula televisi, pendingin ruangan, dan mini bar. Fasilitas hotel lainnya adalah kolam renang lengkap dengan kolam renang untuk anak-anak, serta restoran.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com