Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Keindahan Alam yang Bisa Disaksikan dari Puncak B29 Lumajang

Kompas.com - 06/03/2019, 12:22 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

LUMAJANG, KOMPAS.com – Ditutupnya kawasan wisata Gunung Bromo selama Hari Raya Nyepi pada 7-8 Maret 2019 membuat wisatawa harus mencari alternatif obyek wisata lain.

Baca juga: Jalur Menuju Bromo Ditutup Selama Nyepi, Cobalah ke Puncak B29

Ditutupnya kawasan wisata Gunung Bromo lantas bukan berarti kesempatan menyaksikan keindahan alam di sana tertutup rapat. Wisatawan masih bisa menyaksikan keindahan Gunung Bromo dari obyek wisata Puncak B29.

Hal itu karena Puncak B29 terletak di atap bukit sebelah timur-tenggara kawasan wisata Gunung Bromo. Obyek wisata ini tepatnya terletak di Desa Argosari, Kecamatan Senduro, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Jika berkunjung ke Puncak B29, 5 keindahan alam ini bisa disaksikan secara langsung oleh kedua mata:

1. Kaldera Bromo

Ketika cuaca cerah, panorama alam yang tersaji di Puncak B29 memang begitu memesona. Salah satu yang paling menawan adalah Kaldera Bromo yang begitu luas. Kaldera itu meliputi lautan pasir, Gunung Bromo, dan Gunung Batok.

Pura Luhur Poten di Bromo Dilihat dari Puncak B29 dengan Lensa Tele.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Pura Luhur Poten di Bromo Dilihat dari Puncak B29 dengan Lensa Tele.

Kaldera adalah pusat letusan dengan diameter lebih dari dua kilometer. Sementara kawah hanya berdiameter kurang dari 2 kilometer. Dahulu, kaldera ini adalah bagian dari Gunung Bromo purba raksasa yang masuk kategori megavulkano.

Luasnya kaldera Bromo tampak begitu mengagumkan. Di sekelilingnya, barisan perbukitan seolah tampak bagaikan benteng raksasa. Jika membawa lensa tele, maka ikon wisata Bromo seperti Pura Luhur Poten bisa diabadikan dengan begitu indah.

2. Letusan di Puncak Mahameru

Letusan Gunung Semeru dilihat dari Puncak B29 Lumajang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Letusan Gunung Semeru dilihat dari Puncak B29 Lumajang.

Meski berjarak sekitar 18 kilometer jika ditarik garis lurus, Atap Pulau Jawa, yakni Puncak Mahameru dengan ketinggian mencapai 3.676 meter di atas permukaan laut (mdpl) dapat terlihat dengan begitu jelas.

Kubah pasir raksasa setinggi kurang-lebih 1.000 meter itu juga tampak begitu dekat. Saat cuaca cerah, Puncak Mahameru akan tampak begitu gagah dengan latar belakang langit biru.

Baca juga: Romantisnya Teluk Love di Pantai Payangan Jember

Sebagai gunung api, kawah Semeru pun masih aktif. Sesekali tampak letusan dari Kawah Jonggring Saloka berupa awan panas berwarna putih yang membumbung tinggi ke angkasa.

Meski demikian, letusan Gunung Semeru sama sekali tidak berbahaya jika dilihat dari Puncak B29. Justru letusan itu menjadi obyek foto yang menarik untuk semakin menambah kegagahan Puncak Mahameru.

3. Gunung Arjuno-Welirang di Ufuk Barat

Gunung Arjuno-Welirang dilihat dari Puncak B29 Lumajang. Puncak di kiri (tertinggi) adalah Puncak Gunung Arjuno, sementara puncak sebelah kanan yang mengeluarkan asap adalah Puncak Gunung Welirang.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Gunung Arjuno-Welirang dilihat dari Puncak B29 Lumajang. Puncak di kiri (tertinggi) adalah Puncak Gunung Arjuno, sementara puncak sebelah kanan yang mengeluarkan asap adalah Puncak Gunung Welirang.

Keindahan panorama yang tersaji di Puncak B29 bukan hanya dari kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru saja. Berada di ketinggian sekitar 2.900 mdpl, pemandangan ke arah jauh pun turut terlihat, terutama ketika cuaca cerah.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com