Tren Kuliner Sehat ala Ubud, Seperti Apa?

Kompas.com - 07/03/2019, 11:12 WIB
Makanan sehat di COMO Shambhala Estate, Ubud, BaliCOMO SHAMBALA ESTATE Makanan sehat di COMO Shambhala Estate, Ubud, Bali

UBUD, KOMPAS.com – Organic foods. Raw foods. Yoga and vegan food center. Banyak papan nama seperti itu yang saya temukan saat melintasi kawasan Ubud. Beberapa tahun silam, Ubud menjadi eskapisme wisatawan yang ingin menyepi dari hiruk-pikuk Kuta dan Seminyak. Kini, Ubud tak lagi jadi pilihan. Ubud berdiri sendiri sebagai destinasi wellness kelas dunia, menawarkan aktivitas detoks jiwa-raga serta makanan organik dari tanah gemburnya.

Konsep wellness mulai menggempur Bali sejak akhir tahun 2000-an, dan Ubud menjadi salah satu destinasi utamanya. Pada 2015, situs perjalanan Wego mencatat Bali dalam 15 besar destinasi wisata kesehatan terbaik di dunia.

Baca juga: Detoks Jiwa dan Raga di COMO Shambala Estate, Bali

Salah satu jenis wellness yang paling identik dengan Ubud adalah kuliner. Ubud kini menjadi sentra kuliner sehat, organik, raw, hingga vegan. Anda dengan mudah bisa menemukan restoran yang menyajikan jenis makanan tersebut di Ubud. 

Dimulai dari warga lokal

Tren tersebut hadir, tak lain tak bukan, dari warga lokal sendiri. Saat menginap di COMO Shambhala Estate, Ubud, beberapa waktu lalu, KompasTravel mengikuti aktivitas morning jog pada pagi hari. Pemandu saya waktu itu bernama Mudra, yang telah 15 tahun bekerja di COMO Shambhala Estate.

Pada pagi yang cerah itu, bersama sepasang turis asal India, kami membelah pesawahan dan menyusuri jalanan kampung Desa Begawan. Mudra dengan murah hati mengajak kami masuk ke kompleks rumahnya. 

Rice Field WalkCOMO SHAMBALA ESTATE Rice Field Walk

Rumah warga Bali biasanya merupakan satu kompleks besar dengan 4-5 bangunan (termasuk sebuah pura keluarga). Di bagian belakang rumah, biasanya warga Bali memiliki peternakan sendiri. Hewan yang diternakkan antara lain ayam, bebek, babi, sampai sapi (tidak untuk dikonsumsi, karena sapi adalah hewan sakral bagi penganut agama Hindu).

Di pekarangan rumah itulah, warga Bali menanam berbagai bahan makanan. Mulai dari sayuran, buah-buahan, sampai bumbu dapur.

“Semua bahan makanan ini tentu saja organik, tanpa pestisida, diambil dari halaman rumah kami sendiri,” tutur Mudra.

Kuliner sehat

Memangnya seperti apa tren kuliner sehat yang “dijual” oleh Ubud? Sally Halstead, Dip. H.E. selaku COMO Shambhala Wellness Manager mengatakan kuliner sehat pada dasarnya tidak harus raw, alias mentah.

“Kuliner sehat itu menggabungkan berbagai nutrisi dalam jumlah yang pas, sesuai kebutuhan masing-masing orang,” tuturnya.

COMO Shambhala Estate sebagai salah satu wellness center di dunia tentu menyuguhkan hal itu. COMO Shambhala Estate adalah tempat meracik semua menu makanan di COMO Shambala berbagai negara (Bali, Bhutan, Maladewa, Phuket, Turks and Caicos, Bangkok, London, Miami, Perth, dan Singapura).

Head chef kami bernama Chef Dewa, orang asli Bali. Dia yang meracik semua makanan sehat di COMO Shambhala,” tambah Sally.

Makanan sehat di COMO Shambhala Estate, Ubud, BaliCOMO SHAMBALA ESTATE Makanan sehat di COMO Shambhala Estate, Ubud, Bali

Semua masakan yang disajikan di COMO Shambhala Estate pun tentu organik, berasal dari perkebunan dan petani lokal. Anda bisa menyesuaikan menu selama menginap dengan mengambil Wellness Programme.

Kudus House dan Restoran GLOW

Ada dua restoran berbeda di COMO Shambhala Estate. Pertama adalah Kudus House. Seperti namanya, restoran ini berbentuk gebyok rumah khas Jawa yang masih sangat terawat. Pemilik COMO Hotels & Resorts, Cristina Ong, memang membawa rumah ini dari Jawa. Tanpa dipereteli. Selain tempat, pemandangan dari Kudus House juga spektakuler: perbukitan hijau tanpa satu pun bangunan, dengan suara gemuruh Sungai Ayung terdengar dari kejauhan.

Kudus House, salah satu restoran di COMO Shambhala EstateKOMPAS.COM/SRI ANINDIATI NURSASTRI Kudus House, salah satu restoran di COMO Shambhala Estate

Kudus House memiliki spesialisasi masakan sehat khas Indonesia. Untuk sarapan, ada banyak pilihan menu antara lain:

Whole wheat and flax seed waffles, vanilla yogurt and strawberries in rosella syrup

Gluten-free banana French toast with whipped coconut tahini, coffee scented honey

Smoked salmon with zucchini cake, dill, and lemon scented cottage cheese

Wok-fried rice with chicken, sambal and vegetables with fried egg

 

Sementara untuk menu makan siang dan makan malam, Kudus House menyuguhkan aneka masakan khas Indonesia seperti: 

Fragrant beef oxtail soup with tomato, carrot, potato leek and black fungus mushroom

Minced chicken, coconut and turmeric salad with moringa leaf and long beans

Wok-fried tempeh, asparagus and mushrooms with sour plum sauce

Marinated kingfish cooked in banana leaf parcels with mushrooms, tomato, red chili and lemon basil

 

Selama empat malam menginap di COMO Shambhala Estate, saya mencicipi hampir semua masakan di tempat ini. Selain Kudus House, ada pula restoran GLOW yang menyuguhkan makan siang dan makan malam dengan range menu Asian dan Western.

“Semua masakan dari Chef Dewa menggabungkan unsur-unsur alam, berdasar pada keseimbangan, sehingga baik untuk tubuh kita,” tutur Sally.

 

Beberapa masakan sehat yang bisa dicicipi di restoran GLOW antara lain:

Super green goddess soybean hummus with seed crackers and vegetable crudité

Raw tuna, soba noodles, radish and soybean salad with Japanese inspired dressing

Butternut pumpkin and macadamia nut pizza with tomato, avocado, mango, and basil

Beef burger, cheddar cheese, romato relish, pickles, and iceberg lettuce with 9-grain bun

Grilled mahi-mahi with cucumber and melon gazpacho, heirloom tomatoes and olives

 

Restoran GLOW juga menyajikan aneka dessert menyehatkan seperti:

Trio of tropical fruit sorbets with tropical fruit and star fruit wafers

Mango and passion fruit “cheese cake” with macadamia and coconut crust

Caramelized coconut & banana crepes with coconut sorbet

Spiced Indonesian layer cake with sweet tamarind, pumpkin, and cempaka ice cream

 

Salah satu masakan favorit saya adalah Jicama, pine nut, tofu maki rolls with shitake, cucumber, with wasabi tofu dipping sauce. Sementara untuk dessert, satu jenis yang menjadi favorit pelanggan adalah Flourless-dairy less chocolate coconut cake with coconut sorbet.

Menu makanan sesuai Wellness Programme

Di COMO Shambhala Estate, tamu bisa menyesuaikan menu makanan dengan kebutuhan tubuh mereka saat itu. Salah satu tamu asal Jakarta, Margaretha Untoro, datang untuk juice cleanse alias detoksifikasi menggunakan jus buah dan sayur.

Baca juga: Lebih dari Sekadar Yoga di Ubud

Hal ini tentu mendapat persetujuan dari pakar kesehatan di COMO Shambhala Estate. Jumlah dan jenis sayur serta buah yang dikonsumsi pun tak sembarangan, tergantung kebutuhan masing-masing orang.

Wellness dari segi makanan disempurnakan oleh ragam aktivitas yang tersedia. Di COMO Shambhala Estate, tamu bisa mengikuti beragam aktivitas secara cuma-cuma.



Close Ads X