Hari Pertama Digelar, Indofest 2019 Banjir Pengunjung

Kompas.com - 08/03/2019, 12:11 WIB
Pengunjung berjejalan di stan Eiger pada hari pertama Indofest 2019 yang bertepatan dengan hari libur Nyepi, Kamis (7/3/2019) KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEANPengunjung berjejalan di stan Eiger pada hari pertama Indofest 2019 yang bertepatan dengan hari libur Nyepi, Kamis (7/3/2019)

JAKARTA, KOMPAS.com – Bazar produk outdoor Indofest 2019 resmi dibuka Kamis (7/3/2019). Bersamaan dengan libur Hari Raya Nyepi, Indofest 2019 sukses menggaet banyak pengunjung bahkan sebelum acara resmi dibuka.

Pantauan KompasTravel, antrean masuk pada pukul 09.30 WIB sudah mengular panjang, bahkan hampir memenuhi jalan di depan area lobi Exhibition Hall B Jakarta Convention Center ( JCC) Senayan, Jakarta Selatan, tempat berlangsungnya acara ini.

Pengunjung didominasi oleh kalangan usia muda, laki-laki dan perempuan. Ada pula yang datang berombongan lebih dari lima orang. Beberapa pengunjung tampak sibuk menghubungi dan mencari rekannya yang telah lebih dulu berbaur dalam antrean panjang.

Baca juga: Siap-siap Belanja Barang Outdoor di Indofest 2019

Usai dibuka sekitar pukul 09.45 WIB, pengunjung langsung menyerbu stan demi stan di dalam ruang pameran. Tak sampai setengah jam, area di depan stan Eiger, Consina, dan Rei sudah penuh oleh pengunjung yang meluber.

Disatroni pengunjung dalam jumlah besar sekaligus membuat staf-staf ketiga merek lokal tersebut sibuk bongkar-muat persediaan barang di gudang. Pada saat yang sama, para penjaga stan pun tampak agak kelabakan mengatur lalu lintas pengunjung yang berdesakan masuk. Akhirnya, diberlakukan sistem buka tutup dengan rentang waktu sekitar 10-15 menit.

Antrean masuk stan Consina di Indofest 2019, Kamis (7/3/2019), selang satu jam setelah pengunjung diperbolehkan masuk. Berdasarkan pantauan Kompas.com, stan Consina merupakan salah satu stan yang paling ramai diserbu para pengunjung.KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN Antrean masuk stan Consina di Indofest 2019, Kamis (7/3/2019), selang satu jam setelah pengunjung diperbolehkan masuk. Berdasarkan pantauan Kompas.com, stan Consina merupakan salah satu stan yang paling ramai diserbu para pengunjung.
Akan tetapi, animo kunjungan yang begitu tinggi membuat barisan pengunjung melebar ke mana-mana. Di depan stan Consina, antrean pengunjung menutupi akses menuju stan Deuter yang terletak di penjuru ruang pameran. Antrean pengunjung Eiger sampai memadati area stan lain di sekitarnya, sedangkan antrean pengunjung Rei nyaris memblokade akses menuju pintu keluar.

Selain di tiga titik itu, keramaian pengunjung pun tersebar pada beberapa stan merek besar lain, seperti Casio, Polygon, Decathlon, Forester, Pro Warrior, sampai The North Face.

Memasuki tengah hari, lautan manusia terus membanjir ke area pameran yang terasa kian gerah. Kecepatan berjalan semakin lamban dan tersendat, dinginnya ruang pameran menguap entah ke mana. Beberapa pengunjung wanita telah siap sedia dengan kipas angin kecilnya guna mengusir gerah.

Para pengunjung memadati area luar ruang pameran Exhibition Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, lokasi berlangsungnya bazar Indofest 2019, Kamis (7/3/2019).KOMPAS.COM/VITORIO MANTALEAN Para pengunjung memadati area luar ruang pameran Exhibition Hall B Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Selatan, lokasi berlangsungnya bazar Indofest 2019, Kamis (7/3/2019).

Seorang pengunjung asal Depok, Galih (26) menilai bahwa denah lokasi dan penempatan stan terasa kurang baik ketimbang penyelenggaraan edisi sebelumnya.

“Tahun lalu jalannya masih lebih lebar, lebih enak. Sekarang malah agak berantakan,” katanya kepada KompasTravel.

Rindu (23) yang ditemui KompasTravel ketika berdesakan antre ke stan Eiger juga mengutarakan hal serupa.

“Jalan aja susah. Rame banget tadi kegencet-gencet sama cowok-cowok juga," tuturnya.

Di luar, antrean masuk masih mengular panjang hingga ke area kantin dengan jarak antarbarisan yang rapat. Padatnya antrean masuk lambat-laun merenggang lewat pukul 4 sore. Sementara di dalam area pameran, “kemacetan” baru mulai terurai jelang maghrib.

Indofest 2019 bakal digelar sampai Minggu (10/3/2019). Dari seluruh stan produk outdoor yang berpartisipasi, sebanyak 70 persen merupakan merek lokal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X