Jokowi Sebut Padang-Mandeh Hanya 2 Jam via Darat, Begini Panduan Lengkapnya

Kompas.com - 08/03/2019, 17:12 WIB
Melihat peandangan kawasan Mandeh dari Bukit Panorama Satu kawasan wisata Mandeh.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Melihat peandangan kawasan Mandeh dari Bukit Panorama Satu kawasan wisata Mandeh.

KOMPAS.com – Presiden Joko Widodo ( Jokowi) lewat akun Instagram pribadinya, Jumat (8/3/2019), mempromosikan Mandeh yang terletak di Pesisir Selatan, Sumatera Barat sebagai salah satu destinasi wisata unggulan Indonesia.

Dalam unggahan tersebut, Jokowi mengatakan saat ini akses menuju Mandeh sudah sangat mudah. Ia bahkan menyebut hanya dibutuhkan waktu dua jam untuk menuju Mandeh dari Kota Padang.

“Mandeh bisa dicapai melalui jalur darat dua jam dari Kota Padang. Setiba di Pelabuhan Carocok Tarusan, ada banyak perahu nelayan yang siap membawa wisatawan untuk berpesiar menikmati ombak, air yang jernih, dan hembusan angin laut pulau-pulau Mandeh,” demikian kutipan kalimat dalam unggahan Presiden Jokowi.

https://www.instagram.com/p/BuulBS3AXoU/

Berikut Kompas.com menyajikan panduan lengkap menuju Pulau Mandeh dari Kota Padang.

Menuju Mandeh via darat

Kendaraan para wisatawan memadati pelataran parkir yang tersedia di Kawasan Wisata Puncak Bukit Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015). Puncak Bukit Mandeh merupakan salah satu objek wisata yang dapat dikunjungi di Kawasan Wisata Mandeh.Kompas.com/Wahyu Adityo Prodjo Kendaraan para wisatawan memadati pelataran parkir yang tersedia di Kawasan Wisata Puncak Bukit Mandeh, Kecamatan Koto XI Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015). Puncak Bukit Mandeh merupakan salah satu objek wisata yang dapat dikunjungi di Kawasan Wisata Mandeh.

Mandeh berada di Kecamatan Koto XI Tarusan, Kecamatan Tarusan, Pesisir Selatan, Sumatera Barat. Mandeh berjarak sekitar 56 kilometer dari Kota Padang yang merupakan ibu kota Provinsi Sumatera Barat.

Bagi wisatawan yang berasal dari luar Pulau Sumatera dapat melakukan penerbangan terlebih dahulu ke Kota Padang sebelum menuju Mandeh. Kota Padang sendiri memiliki bandara internasional bernama Bandara Minangkabau.

Mandeh dapat ditempuh dalam maktu sekitar dua jam dari Kota Padang dengan kendaraan pribadi.

Baca juga: Mandeh, Raja Ampat-nya Sumatera yang Dipromosikan Jokowi

Di Kota Padang Anda akan menemui sejumlah outlet yang menyewakan mobil dengan tarif sekitar Rp 300.000 per hari. Biaya ini biasanya sudah termasuk ongkos sopir namun belum termasuk biaya bahan bakar.

Sopir yang biasanya adalah penduduk lokal akan memudahkan perjalanan Anda menuju Mandeh.

Jika tak ingin menyewa mobil, Anda juga dapat menuju Mandeh dengan taksi berpelat hitam yang akan mudah Anda temui saat keluar dari Bandara Minangkabau. Tarifnya tak dapat diprediksi secara pasti karena menyesuaikan argo taksi.

Bagi Anda yang memilih menggunakan transportasi umum, dari Bandara Minangkabau yang terletak di Padang Pariaman, Anda harus menuju Kota Padang terlebih dahulu dengan menggunakan Damri atau Bus antar kota. Tarifnya sekitar Rp 25.000 hingga Rp 35.000 per orang.

Pulau Setan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015). Pulau Setan berada di kawasan Taman Laut Mandeh.KOMPAS.COM / KRISTIANTO PURNOMO Pulau Setan, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (14/5/2015). Pulau Setan berada di kawasan Taman Laut Mandeh.

Sesampainya di Kota Padang, Anda harus melanjutkan perjalanan ke Pasar Tarusan dengan travel dengan tarif sekitar Rp 25.000. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Carocok Terusan dengan becak motor dengan tarif sekitar RP 10.000.

Seperti yang dikatakan Jokowi, sesampainya di Pelabuhan Carocok, Anda dapat melanjutkan perjalanan menikmati alam Mandeh melalui jalur laut dengan menyewa kapal seharga Rp 500.000 hingga Rp 650.000 yang berkapasitas 20 orang.

Jika tak memiliki rombongan, Anda juga dapat mengambil paket-paket keliling Mandeh dengan tarif berfariasi mulai dari Rp 250.000 per orang.

Di Mandeh Anda dapat melakukan beragam aktivitas menarik.

Memandang indahnya lanskap kawasan mandeh dari puncak Panorama Satu yang hanya berjarak satu setengah kilometer sebelum pelabuhan Carocok Terusan, tempat wisatawan menyebrang menuju pulau-pulau di kawasan Mandeh.KOMPAS.com/Muhammad Irzal Adiakurnia Memandang indahnya lanskap kawasan mandeh dari puncak Panorama Satu yang hanya berjarak satu setengah kilometer sebelum pelabuhan Carocok Terusan, tempat wisatawan menyebrang menuju pulau-pulau di kawasan Mandeh.

Dalam Instagramnya, Jokowi mengunggah sebuah foto yang menggambarkan seorang wisatawan yang tengah melakukan aksi cliff jump di Pulau Sironjong Kecil yang merupakan salah satu gugusan Pulau Mandeh, Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Wisatawan akan memanjat tebing di Pulau Sironjong terlebih dahulu, dengan bantuan tali tambang yang telah terikat kuat ke atas pulau tersebut. Tempat untuk cliff jumping tersebut sudah dibatasi dan diberi tanda mana saja yang aman untuk menjadi tempat loncatnya.

Dalam unggahannya Jokowi menyebut, di lokasi ini tersedia anak tangga menuju tebing untuk melompat dari ketinggian 5 hingga 20 meter. Tak hanya melakukan cliff jumping, Anda juga dapat berkemah, memancing, snorkeling, diving, dan beragam olahraga air lainnya.



Close Ads X